PENGEMBANGAN VIRTUAL LABORATORY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI PEMBIAKAN VIRUS
Abstract
Keberadaan laboratorium dalam pembelajaran sains sangat penting, tetapi laboratorium sering tidak digunakan karena keterbatasan alat, bahan serta faktor risiko kecelakaan. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut dikembangkanlah laboratorium virtual sebagai media pembelajaran. Bahan yang digunakan dalam laboratorium virtual itu adalah materi ajar virus untuk praktikum virtual. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui kelayakan media laboratorium virtual yang dikembangkan sebagai media pembelajaran berbasis komputer pada materi pengelolaan virus. Penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan untuk menghasilkan media laboratorium virtual.Uji produk dilakukan di SMA N 1 Wonogiri, hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian pakar dari sisi materi ajar adalah sangat baikdan rata-rata dari pakar media termasuk kriteria baik. Akseptabilitas tingkat laboratorium virtual dengan siswa mencapai kriteria sangat mendukung dan mendukung baik pada tes skala terbatas maupun pada uji skala besar. Rata-rata setiap jawaban siswa dan guru mencapai kriteria sangat mendukung. Hasil evaluasi siswamenggunakan pembelajaran laboratorium virtual menunjukkan ketuntasan klasikal. Berdasarkan validasi ahli, respon siswa dan guru serta hasil evaluasi siswa dapat disimpulkan, bahwa laboratorium virtual layak digunakan sebagai media pembelajaran berbasis komputer dalam materi pengeloaan virus.
The existence of laboratory in science learning is very important.One of effort done by developing learning Compact Disk virtual laboratory as learning media based on the computer. Material used in virtual laboratory is virus material and accompanied by virtual experiment. The purpose of this research was to knowthe feasibility of virtual laboratory media that developed as learning media based on computer at virus cultivation material. This research used Research and Development method and the product is virtual laboratories media. The product was tested in SMAN I Wonogiri, the result of research shown that average of material expert assessment is very good criteria and average of media expert assessment is good criteria. Acceptability level of virtual laboratory by students reached very supporting and supporting inlimited scale test and large scale test. Average score of each item response of students and also teacher reached very supporting criteria. Student evaluation results used virtual laboratory shown classical completeness. Based on expert validation, students and teacher response and student evaluation results, it can be concluded that virtual laboratory feasible to use as learning media based on computer in virus cultivation material
References
Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT fajagrafindo Persada.
Chan, C. 2009. Evaluating learning experiences in virtual laboratory training through student perceptions: acase study inElectrical and Electronic Engineering at theUniversityofHongKong. JournaloftheHigher EducationAcademy EngineeringSubject Centre(2):10.OnLine at www.engineducation.htm. [diunduh tanggal 2 Januari 2011].
Dobrzanski, L.A & Honysz ,R. 2010. The idea of material science virtual laboratory. Journal of Achievements in Materials and Manufacturing Engineering 42 (1-2):196-203. On Line atwww.journalamme.org[diunduh tanggal 2 Januari 2011].
Domingues, L., Rocha, I, Dourado, F., Alves, M & Ferreira, E.C. 2010. Virtual laboratorios in (bio) chemical engineering education. Journal Education for Chemical Engineers 5 (2010):e22-227. On Line at www.elsevier.com. [diunduh tanggal 2 Januari 2011].
Huang, C. 2004. Virtual Labs: E-Learning untuk besok. Jurnal Plos Biology 2 (6): 157. On Line at http://googletranslate.htm [diunduh tanggal 26 Maret 2010].
Jian, Brown, D.J.& Billet, E. 2005. Development of a virtual laboratory experiment for biology. European Journal of Open, Distance and Elearning 1 (195):1-8. On Line at http://www.eurodl.org.[diunduh tanggal 1 Januari 2011].
Lin, M.J.H. 1997. The Effect of Color Design in Chinese CAI Software. Paper presented at Popular Culture Annual Conference in San Antonio USA. Taiwan, ROC: National Hualien Teachers College.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Mustikasari, A. 2008. Mengenal Media Pembelajaran. On Line at http://edu-articles.com. [diunduh tanggal 9 April 2010].
Rice, M., David, O., Adrienne, C., Rod, S., Neville, O & Dale, H. 1999. V-Lab: a virtual laboratory for teaching introductory concepts and methods of physical fitness and function. Australian Journal of Educational technology15(2):188-206. On Line at http://www.ascilite.org.au. [diunduh tanggal 2 Januari 2011].
Saleh, K.F., Mohamed, A.M & Madkour, H. 2009. Developing
virtual laboratory environment for engine education. international Journal of Arts and Sciences 3(1):9-17. On Line at openaccesslibrary.org[diunduh tanggal 2 Januari 2011].
Saptono, S. 2003. Paparan Kuliah Strategi Belajar mengajar Biologi. Semarang: UNNES.
Sudrajat, A. 2008. Media Pembelajaran. On Line at http://akhmadsudrajat.wordpress.com [diunduh tanggal 9 April 2010].
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunendar, T. 2007. Pemanfaatan Laboratorium Kimia Virtual. On Line atwww.lpmpjabar.go.id[diunduh tanggal 16 Mei 2010].
Suyatna. 2009a. Efektifitas Penggunaan Software Platetec
pada Pembelajaran Dinamika Bumi. On Line at http://pustakailmiah.unila.ac.id.[diunduh tanggal 29 Maret 2010].
. 2009b. Pemanfaatan Laboratorium Fisika Virtual. On Line at http://pustakailmiah.unila. ac.id. [diunduh tanggal 29 Maret 2010].
Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan.
Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional. On Line at http://www.infokursus.net.[diunduh tanggal 30 Agustus 2010].
Wahono, R.S. 2006. Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. On Line at http://romisatriawahono.net. [diunduh tanggal 10 April 2010].
Wirjosoemarto, K., Adisendjaja, Y.H., Supriatno, B., Riadi. 2004. Teknik Laboratorium. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.