EFEKTIVITAS KEGIATAN LABORATORIUM BERBASIS INKUIRI PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA

  • Laily Mu'ayadah Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Nur Rahayu Utami Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • - Supriyanto Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Effectivity, Human respiratory system, Laboratory activities based on inquiry

Abstract

Proses pembelajaran di SMA 1 Lasem masih berpusat pada guru (Teacher Centered Learning). Permasalahan pembelajaran ini dapat diatasi dengan menerapkan kegiatan laboratorium berbasis inkuiri. Melalui kegiatan laboratorium, siswa dapat mengamati fenomena, merumuskan masalah, membuat hipotesis, menguji hipotesis dengan melakukan percobaan, menganalisis data, dan membuat kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Eksperimen dengan desain One Shot Case Study . Penelitian menggunakan sampel 64 siswa kelas XI SMA N 1 Lasem. Data pada penelitian ini meliputi data aktivitas siswa, hasil belajar siswa, tanggapan siswa dan guru. Data aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif, sedangkan data tanggapan guru dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari 75% siswa sangat aktif sebesar 89,84%. T erdapat 89,06% siswa mencapai ketuntasan belajar , dan lebih dari 75% siswa memberikan tanggapan yang sangat baik terhadap pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan laboratorium berbasis inkuiri efektif diterapkan pada pembelajaran materi sistem pernapasan manusia di SMA N 1 Lasem

 

Learning process in SMA N 1 Lasem still centre on teacher (Teacher Centered Learning). This problem could be minimalized by implementing of laboratory acivities based on inquiry. Through the activities, students could explore the phenomenons, formulate problems, propose hypotheses, design and do the testing hypotheses ways, organize and analize the data and also make the conclusion. This research was Pre experimental with One Shot Case Study design. The research sample consist of 64 students of SMA N 1 Lasem on XI grade student. The data included student activities, final grade of students, student and teacher responses. Activities, final grade and student responses analized using quantitative descriptive analysis, but teacher responses analized using descriptive analysis.The result of research showed that >75% students weere very active at the level of 89,84%. Classically,  student completeness level was very good at the level of 89,06% and >75% student and teacher responses were very good during the learning. It could be concluded that laboratory activities based on inquiry was effective to be applied for human respiratory system course in SMA N 1 Lasem.plan

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan

Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ariyadi. 2010. Efektivitas Pembelajaran Guide Discovery

Inquiry Laboratory Lesson dengan Preparat pada Materi struktur dan Funfsi Jaringan Tumbuhan di SMA 1 Wonosobo (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Good, J and Robertson, J. 2006. CARSS: A Framework

for Learner-Centred Design with Children. International Journal of Artificial Intelligence in Education 16(4): 381-413.

Indisari, D. 2009. Penerapan Metode Discovery-Inquiry

pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa di Kelas VII SMP N 22 Semarang (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rustaman, N.Y., Soendjojo, D., Suroso, A.Y., Yusnani, A., Ruchji, S., Diana, R dan Mimin, R.K. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Biologi FPMIPA UPI.

Seimears, C.M. 2010. Hey Student, That Can Is Full of Energy. Journal Articles 47 (2): 58-62. On line at http://eric.ed.gov [diakses tanggal 27 Januari 2011].

Sidharta, A. 2004. Model Pembelajaran Asam Basa Berbasis Inkuiri Laboratorium sebagai Wahana Pendidikan Sains Siswa SMP. On line at http://www.p4tkipa.org/data/A_SIDHARTA.pdf [diakses tanggal 14 April 2011].

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya padaKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yuningrum, A. 2009. Penerapan Metode Discovery Inquiry terhadap Hasil Belajar Biologi materi Jamur di SMAN 2 Kudus (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Section
Articles