PENGEMBANGAN LKS BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ANIMALIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS dan mengetahui apakah pengembangan LKS berpengaruh efektif terhadap hasil belajar siswa dan layak digunakan sebagai bahan pendamping bahan ajar kelas X di SMA N 12 Semarang. LKS yang beredar di pasaran bukanlah LKS yang sebenarnya, di sekolah ditemui pengunaan jenis LKS yang sebenarnya merupakan buku rangkuman materi pelajaran yang disertai dengan kumpulan soal, terutama pilihan ganda. Pertanyaan yang terdapat di dalam LKS bisa dijawab siswa dengan melihat materi yang ada di dalam LKS sehingga kurang melatih siswa berpikir kritis dan mandiri. Dalam penelitiaan ini LKS yang sudah ada di SMA N 2 Ungaran dan di SMA N 12 Semarang akan dikembangkan dan divalidasi oleh para pakar media dan guru biologi di kedua sekolah. Penelitian ini menggunakan metode angket untuk memperoleh bukti identifikasi kelyakan dan keefektifan LKS. Data dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan LKS sesuai kriteria dari BSNP yaitu sangat valid. Produk LKS berbasis berpikir kritis dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.
This research is aimed to generate worksheets and find out whether student worksheet affects the development of effective student learning outcomes and fit for use as a companion teaching materials at first grad SMA N 12 Semarang. student worksheet which found in the market is
not the real student worksheet, in the school met the real use of the type LKS is a summary of the subject matter of the book is accompanied by a collection of questions, primarily multiple choice. Questions contained in the student worksheets can be answered by looking at the material that is in the LKS resulting in less train students to think critically and independently. In this resesarch student worksheet exis in SMA N 2 Ungaran and SMA N 12 Semarang will be developed and validated by experts and the media in both school biology teacher. This research use a questionnaire method to obtain identification evidence and effectiveness student worksheet. Data was analyzed by using descriptive percentages. The results of research show that the assessment of student worksheet proper suitable with BSNP criteria that is very valid. Student worksheet based on critical thinking can increase achievement and learning activitiies of students.
References
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan: hal 76
Kemendiknas. 2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar
Berbasis TIK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Menengah Atas
Majid A. 2005. Perencaan Pembelajaran. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Ridlo. S. 2005. Evaluasi Pembelajaran Biologi. Semarang
Sri Untari, Suparlan A.H. Ktut D. A. Nur Wahyu.R. 2008. Pengembangan Bahan Ajar dan Lembar Kerja Siswa Matapelajaran PKn dengan Pendekatan Deep Dialoque/ Criticcal Thinking untuk Meningkatkan kemampuan Berdialog dan Berpikir Kritis Siswa SMA di Jawa Timur.
Jurnal Penelitian Pendidikan: 159-161 Sugandi, Achmad. 2008. Teori Pembelajaran. Semarang: UNNES Press
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.