PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA

  • Dhenok Wendraningrum Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
  • Nana Kariada Tri Martuti Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
  • Aditya Marianti Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Keywords: Biodiversity, Biological science, SAVI

Abstract

The using approaches , methods , and models of learning that monotonous can cause less motivated students. The purpose of the research is for analizing the effectivity of the SAVI approach toward activity and result of students of SMA Negeri 1 Sragi on biodiversity material . The experiment held in SMA Negeri 1 Sragi Pekalongan second semester in the academic year of 2012/2013. Population of research is a SMA Negeri 1 Sragi students. The sample in this research was taken by purpose sampling. The research design using pre - experimental design approach that is One-Shot Case Study. Result of the research shown that  activity of students is 90% reached active and very active criteria. Result of completeness of study by student reach ≥ 75. Base on the result of research, we can conclude that SAVI approach is effective if it used in biodiversity material in senior high school.

 

Penggunaan pendekatan, metode, dan model pembelajaran yang monoton dapat mengakibatkan siswa kurang termotivasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas pendekatan SAVI terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa SMA pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sragi Pekalongan semester genap tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Sragi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan purposive sampling. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan pre-experimental design yaitu One-Shot Case Study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa sebesar 90% mencapai kriteria aktif dan sangat aktif. Hasil ketuntasan belajar siswa mencapai nilai ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI efektif diterapkan pada materi keanekaragaman hayati di SMA.

Author Biographies

Dhenok Wendraningrum, Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Nana Kariada Tri Martuti, Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Aditya Marianti, Universitas Negeri Semarang Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Allen D & K Tanner. 2005. Infussing Active Learning into the Large-enrollment Biology Class: Seven Strategies, from the Simple to Complex. Cell Biology Education 4 : 262-268.

Aritonang KT. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur 7 (10): 17-21.

Azijah N. 2011. Pemanfaatan kebun wisata pendidikan sebagai sumber belajar materi keanekaragaman hayati menerapkan bioedutainment di MA Al-Asror (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

De porter B & Hernacki. 2006. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Elina T. 2009. Efektivitas Media Comic Strip pada Pembelajaran Materi Pewarisan Sifat di SMPN 2 Taman Kabupaten Pemalang dengan Pendekatan SAVI (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hamalik O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Khanifah S, KK Pukan & S Sukaesih. 2012. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology Education 1(1):83-89.

Maynard T & J Waters. 2007. Learning in the outdoor Environment: a Missed Opportunity?. Early Years: An International Research Journal 27 (3): 255-265.

Meier D. 2005. The Accelerated Learning. Bandung: Kaifa. PT.Mizan Pustaka.

Milawati T. 2011. Peningkatan kemampuan anak memahami drama dan menulis teks drama melalui model pembelajaran somatis auditori visual intelektual (SAVI). Jurnal penelitian pendidikan 14 (2): 70-78

Nafi’ah UM. 2009. Penerapan Pendekatan SAVI terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Siswa Kelas VII SMP Institut Indonesia Semarang (Skripsi). Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Purwanto & Ngalim M. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pratiwi A. 2012. Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII Dengan Penerapan Pendekatan SAVI (Skripsi). Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Rahmiazasi L, S Handayani, & Nurmawati. 2004. Pengembangan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional. Jurnal Pendidikan 5 (1): 37-47.

Sardiman, AM. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Sudjana N. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sugiyo WL & Z Abidin. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Team Game Tournament Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar dan Penilaian Portofolio. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 2 (1): 236-243.

Sudjana N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syah M. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yamin M. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta : Gaung Persada Press.

Winkel WS. 2009. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia.

Published
2014-04-01
Section
Articles