PENGEMBANGAN WEB EDUCATIVE SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH
Abstract
Website can be made as source and learning medium because of its application in helping students to understand the unprecise material. Web educative is a learning model of distance learning system with the use of IT-based interactive and virtual.The objective of the study as the learning resource was to find out the feasibility and the effectiveness in learning process. The type of the study was Research and Development (R&D). The data of this study were detemined from the feasibility validation of web educative by validator, student’s and teacher’s responses, and the last was student’s achievement. The result of web educative feasibility which was determined from the expert could be said very suitable with the average score 91%. Student’s completeness achievement with the score ≥78 in product trial reached 100% and 93% in application trial. The score 84% showed positive student’s response about this web educative. Based on this study, it can be concluded that the developing of web educative was very suitable to be applied in learning process especially in the material of self defenses; it also proved the effectiveness of this method in student’s achievement.
Website dapat dijadikan media dan sumber belajar karena menyediakan banyak aplikasi yang membantu siswa memahami konsep materi yang abstrak. Web educative merupakan sebuah model pembelajaran sistem pembelajaran jarak jauh dengan pemanfaatan TI yang bersifat interaktif dan berbasis virtual. Tujuan pengembangan web educative sebagai sumber belajar materi sistem pertahanan tubuh adalah untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) melalui tahapan identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan menghasilkan produk final.. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah kelayakan web educative yang divalidasi validator, tanggapan siswa dan guru mengenai kelayakan web educative dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil penilaian kelayakan web educative dari pakar media dan materi memperoleh skor rata-rata 91% dengan kriteria sangat layak. Ketuntasan hasil belajar siswa dengan nilai ≥78 pada uji coba produk mencapai 100% dan pada uji coba pemakaian 93%. Siswa memberikan tanggapan yang baik dengan ditunjukkan perolehan skor rata-rata sebesar 84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa web educative sangat layak digunakan sebagai sumber belajar materi sistem pertahanan tubuh dan efektif terhadap hasil belajar siswa.
References
Hadjerrouit S. 2010. Developing Web-Based Learning Resources in School Education: A User-Centered Approach. Interdisciplinary Journal of E-Learning and Learning Object. 6 : 115-134.
Kasrina, Sri I, Wahyu EJ. 2012. Ragam Jenis Mikroalga di Air Tawar Kelurahan Bentiring Permai Kota Bengkulu sebagai Alternatif Sumber Belajar Biologi SMA. Jurnal Exacta. 10 : 36-44.
Liu, Y. 2010. Social Media Tools as a Learning Resource. Journal of Educational Technology Development and Exchange. 3(1): 101-114.
Mukminan. 2008. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Nugroho B. 2008. Aplikasi E-Learning dengan PHP dan Editor dreamweaver. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.
Nurseto T. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 1(4): 19-35.
Pradana R. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Uji Makanan Menggunakan Adobe Flash Professional CS5. Skripsi. UNY Yogyakarta.
Pramono G, 2008. Pelatihan Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran: Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran. Jakarta :Depdiknas.
Priyambodo E. 2011. Pemanfaatan Microsoft Producer untuk Pembelajaran Mandiri Berbasis Web. Makalah Pengabdian. Yogyakarta: UNY.
Riyana C. 2010. Peningkatan Kompetensi Pedagogis Guru melalui Penerapan Model Education Centre of Teacher Interactive Virtual (EDUCATIVE). Jurnal Penelitian Pendidikan. 1(4): 50-65.
Sanjaya W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Setiawan IGAN. 2008. Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X2 SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 2(1) : 42-59.
Sianipar S. 2010. Hubungan Antara Pemanfaatan Sumber Belajar Perpustakaan dan Komunikasi Interpersonal dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X SMA Swasta Se Kecamatan Sunggal. Jurnal Teknologi Pe ndidikan Program Pascasarjana UNIMED:1-12.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.