ANALISIS BUTIR SOAL OLIMPIADE BIOLOGI SMA TINGKAT KABUPATEN/KOTA TAHUN 2013
Abstract
The objective of this research is to describe the test items quality of Regency Biology Olympiad for SMA 2013 in Pacitan, Ponorogo, and Trenggalek regency. The quantitative data are difficulty level, discrimination index, distractor effectiveness, validity and reliability of test items. The qualitative data includes the appropriate test items viewed from the material, construction, and language. The research result shows that 32,5% items test have good quality quantitatively and qualitatively, 8% items test have good qualitity quantitatively but not qualitatively, 23,3% item test have good quality qualitatively but not quantitatively and 63,8 items test not good.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas butir soal olimpiade biologi SMA tingkat kabupaten tahun 2013 di kabupaten Pacitan, Ponorogo dan Trenggalek. Data kuantitatif berupa tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas distraktor, validitas dan reliabilitas soal. Data kualitatif penelitian berupa kesesuaian soal dari segi materi, konstruksi dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan 32,5% soal sudah berkualitas baik secara kuantitatif maupun kualitatif, 8% soal baik secara kuantitatif tetapi tidak baik secara kualitatif, 23,3% soal baik secara kualitatif tetapi tidak baik secara kuantitatif dan 63,8% soal masih jelek.
References
Anastasia US. 2003. Psycological Testing. New Jersey: Prentice-Hall
Arikunto S. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar S. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[Depdiknas] Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Analisis Butir Soal.Jakarta: Depdiknas.
[Ditjen Dikdasmen] Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah . 2013. Pedoman Pelaksanaan Seleksi Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi . Jakarta: Ditjet Dikdasmen.
Herlanti Y. 2010. Meneropong kualitas soal tes buatan guru biologi MTs Negeri se-Jakarta Selatan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 2(1):175-198
Kaunang ROW. 2010. Menganalisis butir soal. Jurnal Inovasi 7(1):1-5.
Kurpius SE & Stafford ME. 2006. Testing and Measurement : A User-Friendly Guide. California : Sage Publications, Inc
Maiza R. 2013. Analisis butir soal tes tertulis tingkat SMP pada olimpiade Fisika se-Riau tahun 2013. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 1:1-11.
Mardapi D. 1998. Analisis butir soal dengan teori tes klasik dan teori respon butir. Jurnal Kependidikan. Edisi Khusus Dies Tahun XXVIII.
Rokhimah S. 2012. Analisis Soal Latihan Ujian Nasional Mata Pelajaran Biologi SMA di Kota Semarang (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang
Sudjana N. 2006. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiharto B. 2010. Validitas dan Reliabilitas. Online at http://bowo.staff.fkip.uns.ac.id/files/2010/11/validitas-reliabilitasbowo.pdf [diakses tanggal 28 Oktober 2013]
Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yani M. 2009. Diktat Teknik Penulisan Soal Pilihan Ganda. Banyuwangi: Pendais
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.