PEMBELAJARAN REMIDIAL MENGGUNAKAN ANALOGI PADA MATERI MEKANISME TRANSPOR SEL
Abstract
Abstract
___________________________________________________________________
The purpose of this research was to determine the effect of the remedial teaching using analogy on transport mechanism of cell on learning achievement. This research was a quasi experiment using nonrandomized control group pretest-posttest design. The population (79) was all science students grade XI at SMA N 1 Gubug who had difficulty in Biology. The number of sample was 65 students. Convenience sampling technique was used to select students for experiment and nonexperiment class. The remedial teaching using analogy was indicated with students activity, students opinion and teacher opinion. The students activity was 81,84% and students opinion was 84%. Teacher had a positive opinion about implementation of remedial teaching using analogy in experiment class, so the remedial teaching using analogy was implementable. Learning achievement of experiment class was higher than nonexperiment class. Learning achievement of experiment class was up to Minimum Passing Grade, but nonexperiment class not yet. There were significant differences of lerning achievement (posttest) between experiment and nonexperiment class. The remedial teaching using analogy on transport mechanism of cell was effective for biology teaching.
Abstrak
___________________________________________________________________
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pembelajaran remidial menggunakan analogi pada materi mekanisme transpor sel terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan quasi experiment, menggunakan rancangan nonrandomized control group pretest-posttest design. Populasi sebanyak 79 siswa dari seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gubug yang mengalami kesulitan belajar dalam mata pelajaran Biologi pada materi mekanisme transpor sel. Besarnya sampel yang digunakan sebanyak 65 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih dengan teknik convenience sampling. Tingkat keterlaksanaan pembelajaran remidial menggunakan analogi dilihat berdasarkan aktivitas, tanggapan siswa dan tanggapan guru. Rata-rata aktivitas siswa sebesar 81, 48% dan rata-rata tanggapan siswa adalah 84%. Guru juga memberikan taggapan yang positif mengenai pelaksanaan pembelajaran remidial menggunakan analogi, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran remidial menggunakan analogi telah terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil belajar pada kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal, sedangkan pada kelas kontrol belum mencapai ketuntasan klasikal. Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar (rata-rata nilai posttest) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran remidial menggunakan analogi pada materi mekanisme transpor sel berpengaruh terhadap hasil belajar siswa..
Â
Â
References
Aguele LI, MOO Ojugo & EO Imhanlahimi. 2010. Effectiveness of selected teaching strategies in the remediation of process errors committed by senior secondary school students in matematics. J Soc Sc 22 (2): 139-144.
Ahmadi A & W Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aminatuzzuhra 2013. Pengaruh media microsoft power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 7 Jambi Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.
Ary D, LC Jacobs, C Sorensen & A Razavieh. 2010. Introduction to Research in Education 8†Edittion. USA: Thomson Wadsworth
Chima IB and OE Onyebuchi. 2011. Using culturally-based analogical concepts in teaching secondary school science: model of a lesson plan. International Journal of Science and Technology Education Research 2 (1): 2141-6559.
Chrisnajanti W. 2002. Pengaruh program remidial terhadap ketuntasan belajar Siawa. Jurnal Pendidikan Penabur 1 (1): 81-86.
Coll RK. 2009. A better way to teach with analogies. Chemistry Education in New Zealand: 2-6
Daud F. 2012. Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA 3 Negeri kota palopo. Jurnal pendidikan dan pembelajaran 19 (2): 243-255.
Guerra MTR. 2011. Analogies as tools for meaning making in elementary science education: how do they work in classroom settings Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education 7 (1): 29-39.
Glynn S. 2007. Methods and strategies: Teaching with analogies. Sciences and childern 44 (8): 52-55.
Hayati Z 2013. Pengaruh diskusi kelompok tutor sebaya terhadap aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran biologi di SMA srijaya negara palembang Skripsi. Indralaya: Universitas Sriwijaya.
Lestari DS 2011. Pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Depok tahun ajaran 2010/2011 pada pokok bahasan jamur Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kali Jaga.
Maslikah 2008. Pengaruh perpauan metode diskusi dan presentasi terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas X semester 2 MAN Yogyakarta III tahun ajaran 2006/2007 Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kali Jaga.
Muaddab H 2011. Alternatif Pembelajaran Biologi. Jakarta. On line at http://www.hafismuaddab.wordpress.com [diakses tanggal 13 Februari 2013]
Prastowo T. 2011. Strategi pengajaran sains dengan analogi: suatu metode alternatif pengajaran Sains di sekolah. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) 1 (1): 1-15.
Purwati A, R Harjanti & S Pamudji. 2008. Tes diasnostik dan remidial teaching untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas iv sd n utan kayu selatan 21 jakarta timur. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 1 (1): 1-8.
Rismiyanti 2012. Remidiasi miskonsepsi siswa smu pada konsep sistem pernapasan dengan menggunakan analogi Skripsi. Malang: Universitas Pendidikan Indonesia.
Rustaman NY, S Dirdjosoemarto, SA Yudianto, Y Achmad, R Subekti, D Rochintaniawati & M Nurjhani. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Common textbook JICA IMSTEP. Bandung: FPMTP A UPI.
Sardiman AM. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Spezzini S. 2010. Effects of visual analogies on learner outcomes: bridging from the known to the unknown. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning 4 (2): 1931-4744.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.