PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO CHARACTERISTICS OF ORGANISM SONG EDUCATION (CHOSEN) PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DI SMPLB-A (TUNANETRA)

  • Fidya Hidayati Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
  • Tyas Agung Pribadi Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Keywords: CHOSEN audio media, blind students, characteristics of organism

Abstract

 

 

Abstract


This research aims to know the feasibility and the effectiveness of audio media “Characteristics of Organism Song Education†(CHOSEN) in biology subject at SMPLB-A (Blindness). This research was conducted in Semarang State University, SLBN 1 Pemalang, and MTs Yaketunis Yogyakarta. The research was a Research and Development (R&D) research design and used one group pretest-posttest design. The result of the study showed that the expert of media and material avowed that CHOSEN was proper with an average of 84.9 % feasibility assessment, the average of classical completeness of class was 100 %, students’ responses were good and very good, and the teachers’ responses as much as 88,6% with a very good responses criteria and teachers stated that CHOSEN is feasible to be used in learning biology for blind students. The conclusion of this research is “Characteristics of Organism Song Education†(CHOSEN) media audio is feasible and effective to be used in teaching learning process of biology subject at SMPLB-A (blindness).

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan dan efektivitas media audio “Characteristics of Organism Song Education†(CHOSEN) dalam pembelajaran IPA Biologi di SMPLB-A (Tunanetra). Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Semarang, SLBN 1 Pemalang, dan MTs Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian Research and Development (R&D) yang merupakan desain penelitian dan pengembangan dan menggunakan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media audio CHOSEN dinyatakan layak oleh ahli media dan ahli materi dengan rata-rata penilaian kelayakan sebesar 84,9%, rata-rata ketuntasan klasikal kelas sebesar 100%, tanggapan siswa baik dan sangat baik, tanggapan guru sebesar 88,6% dengan kriteria tanggapan sangat baik, serta guru menyatakan bahwa media audio CHOSEN layak diterapkan pada pembelajaran IPA Biologi siswa tunanetra. Simpulan penelitian ini adalah media audio “Characteristics of Organism Song Education†(CHOSEN) layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA Biologi di SMPLB-A (Tunanetra).

Author Biographies

Fidya Hidayati, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia

Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

Tyas Agung Pribadi, Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Arsyad A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Dryden G and Vos Jeanette. 2001. Revolusi Cara Belajar. Bandung: Kaifa.

Hallam S, John Price % Georgia Katsarou. 2002. The Effects of Background Music on Primary School Pupils’ Task Performance. Journal of Educational Studies 28 (2);111-122.

Ifadah M. 2011. Keefektifan Lagu Sebagai Media Belajar dalam Pengajaran Pronunciation/Pengucapan. Makalah disajikan dalam Seminar Hasil-Hasil Penelitian–LPPM UNIMUS 2012.

Ishartiwi. 2008. Mengenali Penyandang Tunanetra dan Intervensi Pendidikannya. Makalah disajikan dalam Pelatihan Staff YAKKUM tentang Rehabilitasi Dasar Untuk Semua Jenis Kecacatan di Pusat Rehabilitasi YAKKUM, Yogyakarta, 19 November 2008.

Johnson L. 2005. Teaching Outside the Box: How to Grab Your Students by Their Brains. San Fransisco: Jossey-Bass a Wiley Imprint.

Kushartanti. 2011. Perkembangan Aplikasi Neurosains dalam Pembelajaran di TK. Yogyakarta: FIK UNY.

Krisdayanti A.A.I.P, et all. 2006. Model Pembelajaran Concept Song Berbasis Tri Pramana Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Gugus Kolonel Gusti Ngurah Rai. Singaraja: FIP Universitas Pendidikan Ganesha.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sekretariat Negara.

Schellenberg E.G. 2004. Music Lessons Enchance IQ. Journal of the Association for Psycological Science 15 (8);511-514.

Sheppard P. 2006. Music Makes your Child Smarter: Peran Musik dalam Perkembangan Anak. Jakarta: Gramedia.

Subali B, dkk. 2012. Pengembangan CD pembelajaran lagu anak untuk menumbuhkan pemahaman sains siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2012);26-32.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Published
2014-08-01
Section
Articles