PEMANFAATAN WEBSITE EDUKATIF DENGAN PEMBELAJARAN ARIAS PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN

  • Yusuf Anggar Sasmito Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
  • Sri Mulyani Endang Susilowati Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
  • Sri Sukaesih Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Keywords: activities and learning outcomes, model ARIAS, structure and function of plant tissue, websites.

Abstract

 

Abstract

_______________________________________________________________

This study aimed to describe the effectiveness of utilization of educational websites with learning ARIAS on material structure and function of plant tissue on activity and learning outcomes of students in class XI SMA Negeri 8 Semarang.  This study is optimal if students activity and their outcome in learning process showed ≥ 75% of students are active and very active with their outcome reached ≥ 75. This study is performed in SMA Negeri 8 Semarang in XI IPA 3 and XI IPA 4 class at second semester academic year 2013/2014. This study design is true experiment: pre-test post-test control group design. The datas of this study include student learning outcomes and their activities as main datas, and student responses, teacher response, and teacher performance as supporting data. The results of this study are learning completeness of experiment class is 76,67% while control class is 26,67%, and the  N-gain value of test results tn pretest-posttest experimental class and control class obtained t = 3.3 and t = 2.0 tables with α = 5% to 3.3> 2.0 then Ho is rejected and Ha accepted, as well as student activities that are classified very active and active in experiment class is 76,67% while control class is 53,33%. The conclusion of this study is the utilization educative website and ARIAS model can optimize activity and learning outcomes of SMA Negeri 8 Semarang students in structure and function of plant tissue.

Abstrak

_______________________________________________________________

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keefektifan pemanfaatan websiteedukatif dengan pembelajaran ARIAS pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 8 Semarang. Penelitian ini dikatakan optimal apabila aktivitas dan hasil belajar siswa dalam  proses pembelajaran menunjukkan  ≥ 75% siswa aktif dan sangat aktif, dengan hasil belajar mencapai ≥ 75. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Semarang  pada kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 semester gasal tahun ajaran 2013/2014. Desain penelitian ini adalah true experiment: pretest-posttest control group design. Data penelitian ini meliputi hasil belajar dan aktivitas sebagai data utama serta tanggapan siswa, tanggapan guru, dan kinerja guru sebagai data pendukung. Hasil penelitian ini adalah ketuntasan belajar pada kelas eksperimen sebesar 76,67% sedangkan kelas kontrol sebesar 26,67% dan hasil uji t N-gain nilai pretest posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung = 3,3 dan t tabel = 2,0 dengan α= 5% sehingga 3,3 > 2,0 maka Ho ditolak dan Ha diterima, serta aktivitas belajar siswa yang tergolong sangat aktif dan aktif pada kelas eksperimen sebesar  76,67% dan kelas kontrol sebesar 53,33%. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan website edukatif dan model ARIAS dapat mengoptimalkan aktivitas dan  hasil belajar siswa keas XI SMA Negeri 8 Semarang pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

 

Author Biographies

Yusuf Anggar Sasmito, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Sri Mulyani Endang Susilowati, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Sri Sukaesih, Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia
Gedung D6 Lt. 1 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Indonesia
Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang Indonesia

References

Darmadiansyah A. 2010. Pengembangan Website Pembelajaran Materi Klasifikasi Mahkluk Hidup Bagi Siswa SMA. (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hendayun M, Juliansyah, dan B Irawan. 2005. Implementasi Aplikasi Web pada Server Linux. Bandung: Informatika Bandung.

Jamiah Y. 2008. Peningkatan kualitas hasil dan proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, dan Satisfaction) pada mahasiswa S1 PGSD FKIP UNTAN pontianak. Jurnal Cakrawala Kependidikan 6 (2): 112-207.

Nofiananingtyas M. 2012. Pemanfaatan web berbasis exe sebagai media pembelajaran mata pelajaran sejarah. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 1 (1): 1-6.

Pacheco AQ. 2005. Web Based Learning(WBL): A Challenge for foreign language teachers. Revista Electrónica “Actualidades Investigativas en Educación†5 (2): 1-25.

Ratini. 2011. Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi pada siswa SMA Muhammadiyah 1 metro tahun pelajaran 2010/2011. Jurnal Bioedukasi 2 (1): 63-64.

Sopah D. 2001. Pengembangan dan penggunaan model ARIAS. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 31 (7): 455-469.

Susilo UD. 2012. Pengembangan Website Pembelajaran Materi Plantae Sebagai Sumber Belajar Siswa SMA Negeri 1 Slawi. (Skripsi). Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Syah M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tilawa IS & JA Pramukantoro. 2013. Penerapan strategi belajar Assurance, Relevance, Interest, Assesment dan Satisfaction (ARIAS) terhadap hasil belajar dan motivasi berprestasi siswa Program Studi S1 Pend. Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Elektro 1 (1): 89-94.

Wijaya M. 2012. Pengembangan model pembelajaran e-learning berbasis web dengan prinsip e-pedagogy dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Penabur 19: 20-37.

Published
2014-08-01
Section
Articles