Development of Biodiversity E-Module in Kelimutu National Park Area to Improve Learning Outcomes of High School Students
Abstract
Rancangan penelitian berupa Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keanekaragaman hayati di kawasan Taman Nasional Kelimutu dan mengembangkan e-modul yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Hasil penelitian keanekaragaman hayati di kawasan konservasi dan desa peyangga Taman Nasional Kelimutu dijadikan sebagai sumber materi dalam e-modul yang dikembangkan. Uji coba skala kecil dilakukan di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Ende dengan menggunakan one group pretest-postest design. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul sangat layak digunakan dalam pembelajaran, dengan persentase penilaian validator materi sebesar 94,4%, validator media 95,3%, dan guru biologi 93,2% dalam kategori sangat baik Hasil belajar siswa dengan kategori tertentu (3 siswa berkemampuan tinggi, 4 siswa berkemampuan sedang dan 3 siswa berkemampuan rendah) pada aspek kognitif berdasarkan perhitungan N-gain sebesar 0,81 dalam kategori tinggi dan aspek psikomotorik sebesar 83,51 dalam kategori baik, serta hasil angket tanggapan peserta didik memperoleh skor rata-rata sebesar 91,60 dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keanekaragaman hayati di kawasan Taman Nasional Kelimutu meliputi tingkatan keanekaragaman hayati (gen, jenis, dan ekosistem), ancaman, upaya pelesetarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati dan e-modul yang dikembangkan sangat layak karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
The copyright of the article once it is accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.