EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MIND MAPPING

  • Siti Marpuah Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Margareta Rahayuningsih Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
  • Sri Sukaesih Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia Gedung D6 Lt.1 Jl Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229
Keywords: Activity, CIRC, learning outcome, mind mapping, SMA Negeri 1 Wirosari

Abstract

Penelitian  bertujuan mendiskripsikan efektivitas model pembelajaran CIRC dengan mind mapping pada materi Invertebrata terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Wirosari. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Negeri 1 Wirosari tahun pelajaran 2014/2015 menggunakan metode Quasi experimental design dengan desain Nonequivalent control group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA (1, 2, 3, 4, dan 5). Sampel penelitian ini ditentukan secara Purposive sampling, yaitu siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji t dan normalitas gain, sedangkan data aktivitas dianalisis menggunakan uji t dan deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa setelah mengikuti pembelajaran nilai hasil belajar dan aktivitas kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar dengan t hitung 6,65 > t tabel 1,66, juga terdapat perbedaan signifikan pada aktivitas siswa dengan t hitung 6,65 > t tabel 3,07.

 

Purpose of this research to describe the effectiveness of the learning model CIRC with mind mapping on Invertebrates material on the activities and results of class X student of SMAN 1 Wirosari. This study was carried out in class X  IPA 1 and X IPA 2 SMA Negeri 1 Wirosari 2014/2015 school year using Quasi experimental design with Nonequivalent control group Design. The reasearch population was all students of class X IPA (1, 2, 3, 4, and 5). The research sample was determined by purposive sampling, namely class X IPA 1 and 2. Learning outcome data were analyzed using the t test and normality gain, while activity data were analyzed using the t test and descriptive percentages. Based on the analysis of the data found that after participating in the learning values ​​learning outcomes and activities of the experimental class is larger than the control class. There are significant differences in learning outcomes by t count of 6.65 > 1.66 t table, there are also significant differences in the activity of students with t count 6.65 > 3.07 t table.

References

Durukan, E. 2011. Effects Of Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Technique On Reading-Writing Skills. Educational Research and Reviews, 6(1):102-109.

Fadilah, A. 2012. Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) didukung Penggunaan Chemdiary Book. Unnes Journal chemistry in education, 2(1):67-73.

Fransiska, L. 2012. Perbedaan Hasil Belajar Ips Sejarah Antara Model Pembelajaran Peta Konsep Dengan Model Pembelajaran Ceramah Bervariasi. Indonesia Journal of History Education, 1(1):6-9.

Jatmiko A, Maridi & J Ariyanto. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Disertai Media Komik Biologi Untuk Meningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pelajaran Biologi Pada Siswa Kelas VII-A Smp Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.Jurnal Pendidikan Biologi FIKP UNS, 5(1):15-25.

Khatimah H, St Wahidah Arsyad & A Naparin. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA A SMA Negeri 5 Banjarmasin Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated And Reading Composition (CIRC) Dengan Teknik Menggarisbawahi Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Wahana BioVolume,10:37-53.

Kristalia, D. 2013. Efektivitas Penggunaan Mind Mapping Dan Concept Map Untuk Pendalaman Materi IPA Biologi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[Permendikbud] Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia no 81A. 2013. Implementasi Kurikulum dan Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Riastiasari, T. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1(3):34-41.

Saptono, S. 2009. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Semarang: Jurusan Biologi FMIPA UNNES.

Tirtiana, C.P. 2013. Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Power Point, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X Akt Smk Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening). Economic Education Analyisis Journal, 2(2): 15-23.

Wahyuningsih D, Harlita & J Ariyanto. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Mind Maps Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar. Jurnal pendidikan Biologi,3(2):1-8.

Wulandari, S.R. 2010. metode Cooperative Integrated Reading and Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memahami Karya Sastra. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(1):58-63.

Published
2015-12-01
Section
Articles