PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN EKSPERIMEN ELEKTRONIKA DIGITAL SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN SIKAP KREATIF CALON GURU
Abstract
Abstrak
Eksperimen Elektronika Digital diharapkan mampu menjadi salah satu alat untuk meningkatkan kreativitas, akan tetapi perangkat pembelajarannya belum menunjang. Hal
tersebut yang mendorong penelitian ini dilakukan. Penelitian ini dilakukan di dua tempat yaitu lokasi A dan lokasi B dengan metode RnD (Research and Development). Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa silabus, satuan acara pembelajaran, pre-pos tes dan petunjuk eksperimen dalam mata kuliah eksperimen elektronika digital. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan, antara
lain tahap pembuatan desain, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi, analisis. Desain divalidasi oleh dua ahli dan layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kreatif mengalami kenaikan sebesar 53% di lokasi A dan di lokasi B meningkat 40%. Peningkatan kemampuan kognitif mahasiswa lokasi A meningkat 64% pada perlakuan I dan 74% pada perlakuan 2. Kemampuan kognitif mahasiswa lokasi B meningkat 39% dan 58%. Pengembangan perangkat pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan sikap kreatif mahasiswa calon guru.
Asbtract
Digital Electronics Experiments is expected to be one of the tools to enhance creativity, but the lesson has not been supportive. This is an encouraging study. The observation is done in two places. They are location A and location B. The observation uses the RnD (Research and De-velopment) method. This is the development observation in order to develop the learning tools as syllabus, learning program unit, pre-post test and experiment guidance in subject study of digital electronic experiment. This observation is done with some step, they are design mak-ing, design validation, design revision, product trial, product revision, usage trial, revision, analysis. The design is validated by two experts and properly used criteria. The observation result shows that the creativity is increasing 53% in location A and in location B is increasing 40%. The increasing 64% and 74%. The students’ cognition ability in location B is increasing 39% in trial I and 58% in trial II. The development of the learning tools are able to increase the cognition ability and the creativity of the students as teachers candidate.