Abstract

Abstrak


Penelitian Research and Development ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika bervisi karakter yang mampu membentuk siswa yang berkarakter. Tahap pelaksanaan meliputi Studi Pendahuluan, Studi Pengembangan dan Evaluasi. Produk yang dikembangkan
dan diuji efektivitasnya meliputi Silabus, RPP, LKS, dan Alat Evaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi Lembar Angket Respon, Lembar Observasi, dan Tes Hasil Belajar. Dalam
penelitian ini, diadakan dua kali tes yaitu diberikan tes awal (pre tes) dan tes akhir (post tes). Teknik analisis data meliputi Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Kevalidan, Uji
Keefektifan dan Uji Kepraktisan. Hasil penelitian ini tergolong baik. Sebelum diterapkannya pembelajaran tingkat kemampuan siswa mencapai 49,33 kemudian meningkat menjadi 79,13,
Rata-rata kevalidan produk Silabus (3,6), RPP (3,69), LKS (3,65), dan Alat Evaluasi (3,77), tingkat keefektifan secara nyata efektif  dengan analisis gain score ternormalisasi, tingkat
kemampuan awal mencapai 49,33 meningkat menjadi 79,13 dan dari hasil uji t dengan nilai pvalue < 0,05 yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 79,13 secara signifikan berbeda dengan rata-rata hasil belajar kelompok kontrol sebesar 73,77. Tingkat kepraktisan secara nyata praktis rata-rata 80% sikap karakter siswa terbentuk, 90,31% siswa sangat setuju dan dari observasi diperoleh skor sebesar 83,83.

Abstract

The purpose research and development of  the research was to produce the visionary character physic media that can form characteristic students. Developing steps media overhelm preface
study, developing study, and evaluation. Product that is developed and tested the effectivness are syllabus, lesson plan, text book and evaluation tools.The collecting data method were
respons’ questionner. The researchers did twice test which were pre test and post test. The method of  analyzing the data were normality test, homogenity test, validity test, efective test
and practical test. The result of  this study showed that good. The range of  the syllabus validity (3,6), lesson plan (3,69), text book (3,65) and evaluation tools (3,77), the effectiveness level is
by using gain score ternormalisasi analysis. Before using the media, the students’ ability was inly 49,33, after the ability is 79,13 and the test result t with pvalue score <0,05 that means the range of  experimental group result is 79,13 that is significant different with teh range of control group result that is 73,77. It showed from the 80% range formed students’ character attitude, 90,31% students is really agree in following learning activities and from the observa-tion that is related with the score 83,83.