IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KETERAMPILAN BERPIKIR DAN KEMAHIRAN GENERIK SAINS
Abstract
Abstrak
Dalam rangka mengikuti perkembangan IPTEK diharapkan siswa SMK tidak hanya dibekali hard skill saja tetapi juga perlu memiliki kemahiran generik sains dan keterampilan berpikir
tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan aspek keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif melalui pembelajaran berbasis proyek, (2) mengetahui
hubungan antara setiap aspek keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa SMK pada mata pelajaran fisika, (3) mengetahui profil kemahiran generik sains siswa SMK
melalui pembelajaran berbasis proyek. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI TKJ (Teknik Komputer Jaringan) SMK Ma’arif Tunjungan Blora dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuasi eksperimen One Group Pre-test and Post-test Design pada topik optik. Hasil analisis uji gain menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aspek keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif dan kemahiran generik siswa SMK. Setiap aspek keterampilan berpikir kritis mempunyai hubungan dengan aspek keterampilan berpikir kreatif berdasarkan hasil analisis uji regresi. Sebagian besar siswa
merespon baik dan senang dengan pembelajaran fisika berbasis proyek.
Asbtract
In order to follow the development of science and technology vocational students are expected not only equipped with hard skills, but also need to have a generic science skills and higher
level thinking skills.The aims of research are (1) find an increase in aspect of critical think-ing skills and creative thinking through project-based learning, (2) determine the relationship
between each aspect of critical thinking skills and creative thinking of students in vocational subjects of physics, (3) know the profile of the generic skills of vocational students science
through project-based learning. This subject research is a class XI TKJ SMK Ma’arif Tun-jungan Blora which consist of 40 students. This research was held by quasi-experiment One
Group Pre-test and Post-Test Design. The analysis of score gains showed that the project-based learning can improve critical thinking skills, creative thinking aspect and generic skills of
vocational students. Every aspect of critical thinking skills have a relationship with aspects of creative thinking skills based of the regression analysis. Most of the students responded well
and happy with the project-based learning in physics.