KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BUSANA SISWA SMK NEGERI 6 SEMARANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk membuat multimedia interaktif untuk meningkatkan skor siswa dalam mata pelajaran menggambar mode, (2) untuk mengetahui efektivitas multimedia, (3) untuk mengetahui perbedaan nilai siswa, yang yang menggunakan multimedia dan yang tidak. Penelitian ini menggunakan pretest valid dan dapat diandalkan dan post test untuk mengetahui efektivitas multimedia. Multimedia ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian ini adalah (1) media yang tepat untuk digunakan di kelas mode gambar sesuai dengan uji validitas, (2) ini multimedia meningkatkan nilai siswa, (3) nilaikelas eksperimen siswa lebih baik bahwa kelas kontrol. Saya mengusulkan saran saya yaitu (1) lebih baik bagi guru untuk menggunakan multimedia interaktif untuk membuat proses pembelajaran aktif dan efektif untuk meningkatkan nilai siswa, (2) kepala sekolah harus memotivasi guru untuk membuat multimedia interaktif untuk membuat siswa mampu menggunakan teknologi informasi terbaru dalam hal peningkatan hasil belajar siswa.
The purposes of this study are (1) to produce the interactive multimedia to improve the students score in drawing fashion subject matter, (2) to know the effectiveness of the multimedia, (3) to know the difference of the students’ score, the one who used the multimedia and who did not. This study employs valid and reliable pretest and post test to know the effectiveness of the multimedia. This multimedia has been validated by material expert and media expert. The result of this study are (1) the media is appropriate to be used in fashion drawing class according to the validity test, (2) this multimedia improved the students score, (3) students’ experimental class score is better that control class. I propose my suggestion namely (1) it is better for the teacher to use interactive multimedia to make learning process active and effective to improve the students score; (2) the headmaster should motivate the teacher to create multimedia interactive in order to make the students are able to use the latest information technology in case of improvement of students’ learning result.