PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS VIRTUAL LABORATORY UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIRKRITIS SISWA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan produk perangkat pembelajaran IPA berbasis virtual laboratory yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan berpikir kritis siswa MTs Negeri Karangawen Demak; (2) Mengetahui kualitas perangkat pembelajaran
IPA berbasis virtual laboratory yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan berpikir kritis siswa MTs Negeri Karangawen Demak; 3) Mengetahui keefektifan penggunaan perangkat pembelajaran IPA berbasis virtual laboratory dalam meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan berpikir kritis siswa MTs Negeri Karangawen Demak. Hasil penelitian ini berupa telah dikembangkannya perangkat Pembelajaran IPA yang berupa Silabus, RPP, Bahan ajar dan LKS yang bermuatan virtual laboratory. Hasil belajar kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep kelas uji coba mengalami peningkatan. Peningkatan
skor berpikir kritis nilai (g) = 0,35 yang berarti berada pada kategori sedang yaitu 0,3 ≤ (g) ≤ 0,7.dan penguasaan konsep nilai (g) = 0,14 yang berarti peningkatan skor penguasaan konsep berada pada kategori rendah dimana nilai untuk kategori rendah (g) ≤ 0,7.
Abstract
The purpose of this study were:(1) Produce the virtual laboratory based science learning can increase the mastery of concepts and critical thinking skills of students MTs KarangawenDe-mak;(2) Knowing the quality of the virtual laboratory based science learning can increase the mastery of concepts and critical thinking skills of students MTs State KarangawenDemak;(3) Knowing the effectiveness of the use of the virtual laboratory based science learning can in-crease the mastery of concepts and critical thinking skills of students MTs KarangawenDe-mak. Results of this study was to develop learning tools in the form of science syllabus, lesson
plans, teaching materials and worksheets. Results learn critical thinking skills and mastery of the concept of class trials has increased. Improved critical thinking score value (g) = 0.51
which means that middle category is ≤ 0.3 (g) ≤ 0.7.and mastery of the consep value (g) = 0.14, which means an increase in score mastery of concepts low category where the value for
the category is (g) ≤ 0.7.