PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA SMK DENGAN MODEL KONTEKSTUAL BERBASIS PROYEK
Abstract
Abstrak
Menyusul kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional tentang pembalikan jumlah rasio SMA : SMK = 30% : 70% pada tahun 2014 nanti, ke depan lulusan SMK diharapkan mampu
bersaing dalam era globalisasi dan pasar bebas, yaitu keterampilan dan kemampuan siswa SMK yang siap bina dan siap pakai, sehingga dapat memiliki keunggulan yang kompetitif. Oleh karena itu, inovasi dalam pembelajaran IPA yang dapat menumbuhkan keterampilan proses sains (KPS) diperlukan dalam pemecahan masalah dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan model kontekstual berbasis proyek
untuk meningkatkan hasil belajar dan KPS siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata 3,68, dan juga efektif karena telah mampu memenuhi indikator yang
diharapkan, yaitu: terdapat peningkatan KPS dengan skor rata-rata 72,85 dan ketuntasan klasikal 80,6%; terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa, yaitu rata-rata meningkat dari 58,33 menjadi 81,39 dan ketuntasan klasikal 92% (33 dari 36 siswa telah tuntas); rata-rata hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa juga mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu ≥ 70; serta sebanyak 91,18% (31 dari 34 siswa) memberikan respon baik
terhadap pembelajaran kontekstual berbasis proyek. Saran yang dapat penulis berikan adalah pada pelaksanaan diskusi perlu ada kontrol yang baik oleh guru pada saat diskusi kelompok sehingga siswa benar-benar memanfaatkan waktunya dengan baik.
Abstract
Dealing with the policy of the minister of Education : The Total Ratio SMU : SMK = 30% : 70% in year 2014, to the future, the skill and the ability of SMK students are ready to build and to use so they are able to own the specialty. Consequently, the innovation in the science
learning process that can develop science student skill is needed. This research is though development of science learning at vocational school using contextual model based on project to
improve the learning result and science process skill students. After treated with this model, the teaching and learning advise used in teaching “ways in handling waste” topic using con-
textual model based on project valid with average 3,68, effective because is able to complete the indicator, there is an increase of Science Process Skill with an average score of 72,85 and
80,6% completeness classical or 29 among 36 students have completed. There is an increase students’ cognitive learning outcomes, the average increased from 58,33 to 81,39 and 92 % classical completeness, or 33 among 36 students have completed. The average of affective and psychomotor learning outcomes students’ achieve well defined indicators of success, were ≥ 70. A total of 91,18% or 31 among 34 students responded well to the project based learning.