PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN METODE E-LEARNING BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA
Abstract
Penelitian ini merupakan research and development. Pengembangan yang dilakukan adalah pada perangkat model e-learning biologi berbasis Multiple Intelligences dengan menggunakan aplikasi MOODLE di SMA N 1 Ungaran. Desain pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan menggunakan model 4D Thiagarajan. Pada penelitian ini tahap penyebaran tidak dilakukan. Desain pengembangan e-learning berbasis Multiple Intelligences yang meliputi silabus, RPP, bahan ajar, dan media dinyatakan valid. Setelah diujikan pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa hasil belajar mereka mengalami peningkatan sebesar 21% dan ketuntasan belajar mencapai 100%. Selain itu hasil uji statistik hasil belajar menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat e-learning berbasis Multiple Intelligences dan instrument penilitian valid dan reliabel serta model e-learning berbasis Multiple Intelligences menggunakan MOODLE dapat meningkatkan efektivitas hasil belajar siswa. Model ini membuat pembelajaran Biologi menjadi lebih menyenangkan dan variatif.
This research employs research and development model. The conducted development was Multiple Intelligence based e-learning of biology subject with the MOODLE application in SMA N 1 Ungaran. The learning instrument development design was carried out using Thiagarajan 4D model. Dissemination stage of research was not carried out. The design of Multiple Intelligence based e-learning of biology subject covers syllabus, lesson plan, learning instrument, and media are declared as valid. The students improved as much as 21 % and all students pass the minimu passing grade. There was significant difference between control and experimental group. The experimental group scored better. From the research, it can be concluded that Multiple Intelligence based e-learning instrument and the research instrument are valid and reliable so that Multiple Intelligence based e-learning of biology subject with MOODLE can improve the effectiveness of students’ learning result. This model can make biology subject more enjoyable and various.