PENGARUH NILAI PORTOFOLIO DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Abstract
Pembelajaran yang menuntut peran aktif siswa, adalah metode Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, dan mengevalusi peserta didik. Metode dan teknik penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, salah satunya adalah dengan portofolio. Tujuan penilaian portofolio adalah untuk membantu peserta didik, agar mereka dapat menilai perkembangan dirinya. Motivasi belajar sangat diperlukan dalam aktivitas belajar. Motivasi belajar yang tinggi mendorong siswa akan banyak memahami konsep pembelajaran yang disajikan guru, dan ini akan berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan ex post facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SDN kelas VI di SDN 2 Purwokerto dan SDN 2 Kebonharjo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal sejumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data motivasi belajar, dan dokumenter untuk memperoleh data nilai portofolio dan hasil belajar. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian yang dilaksanakan di Sekolah Dasar negeri 2 Purwokerto dan Sekolah Dasar negeri 2 Kebonharjo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal, menunjukkan hasil yang siginifikan, tentang adanya pengaruh positif dari nilai portofolio dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS).
Learning demand the students’ active participation as the PAIKEM method require the active, innovative, creative, effective, and fun learning. One of the methods is employing students’ portfolio assessment to help the students to know their own progress. The purpose of this study is to influence the students’ portfolio assessment toward the students’ learning motivation. This study employs quantitative method with ex post facto scaffolding. The sample of this study was the 60 ninth graders students’ of SDN 2 Purwokerto and SDN 2 Kebonharjo, Patebon distric, Kendal regency. The data collection employed questionnaire to gvet the students’ motivation data and document to get the students’ portfolio score and the learning result score. The data analysis employs descriptive analysis, simple and multiple regression analysis. The result of the study shows the significant influence of students’ portfolio score toward their learning motivation and learning result at social science subject mater.