Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pada mata pelajaran IPA kelas V di SD N Purworejo kegiatan belajar mengajar masih berpusat pada guru, hasil belajar kurang, guru belum memanfaatkan media yang berbasis komputer. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi: tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Hasil penelitian pada tahap pengembangan desain perangkat pembelajaran yang dikembangkan peneliti meliputi silabus, RPP, materi, MPI, alat evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal tes kreativitas, tes hasil belajar dan lembar validasi perangkat. Validasi terhadap perangkat pembelajaran oleh ahli didapat hasil penilaian rata-rata valid, tahap ujicoba terbatas dan tahap ujicoba lebih luas menunjukkan perangkat pembelajaran valid. Pada tahap evaluasi uji ketuntasan diperoleh kesimpulan kedua kelompok mencapai KKM 71%, uji banding menunjukkan hasil pretes kreativitas dan tes hasil belajar kelompok kontrol dan eksperimen tidak berbeda secara signifikan. Posttes hasil belajar diperoleh nilai thitung (4,94)>ttabel (2,33) berarti ada perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol. Hasil postes kreativitas kedua kelompok terdapat perbedaan yang signifikan dengan thitung(8,53)>ttabel(2,33). Uji peningkatan kreativitas diperoleh thitung(12,01) > ttabel(1,69) yang berarti terjadi peningkatan kreativitas pada kelompok eksperimen. Hasil uji regresi terdapat pengaruh antara kreativitas terhadap hasil belajar siswa sebesar 83,6%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan produk yang dikembangkan valid dan efektif.

 

Based on observations teaching science in the Purworejo’s elementary teaching-learning proccess is teacher-centered, teachers not take advantage of computer-based media. Measures of research and development include: the preliminary stage, the stage of development and evaluation stages. Results of research on the design development stage researchers developed learning tools include syllabi, lesson plans, materials, MPI, evaluation tools. Research instruments used include creativity test questions, test results of validation study and sheets. Validation of the learning device by expert assessments obtained an average valid, limited testing phase and the testing phase showed greater learning device valid. At this stage of mastery test evaluation concluded criteria both groups reached 71%, the results of pre-test comparisons showed creativity and achievement test control and experimental groups did not differ significantly. Posttes learning outcomes obtained tvalue(4.94)>ttable(2.33) means that there is a significant difference between the results of the experimental and control class learning. Posttest results of creativity both groups there are significant differences with t(8.53)>ttable(2,33). Creativity enhancement obtained ttest(12,01)>ttable(1.69) which means an increase in creativity in the experimental group. Regression results are the effect of creativity on learning outcomes of students at 83.6%. Based on the results obtained valid conclusions products developed and effective.