Arifah, Nur. 2018. Panduan Lengkap Menyusun dan Menulis Skripsi, Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Askara.
Ariston, Yummi,. Frahasini . 2018. Dampak Penggunaan Gadget bagi Perkembangan Sosial
Anak Sekolah Dasar. Diunduh di Http://journal.stkipsingkawang.ac.id/ index.php/JERR/article/view/1675/1143 tanggal 15 Januari 2020.
Dini, AU. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget pada Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Di unduh di Https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd= &ved=2ahUKEwjm6q_kP7uAhWf8HMBHe8ZDP8QFjAAegQIARAD&url=https%3A%2F%2Fosf.io%2F65mk4%2Fdownload&usg=AOvVaw20JHEu0YCqIid33mfRukGZ tanggal 23 Febuari 2021.
Djamarah, S.B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Emiyati , A. (2020). Kendala Orang Tua Mendampingi Anak Belajar di Rumah dalam
Menghadapi Situasi Covid 19. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 4(1), 8–16. Di unduh di Http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php /CC/article/view/336 tanggal 1 Febuari 2021.
Firken, Firdaus.2016. Penguatan Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Melalui Pendampingan Penggunaan Teknologi di Era Digital. Di unduh di Https://www.kompasiana.com/firdausfirken/574062097393739914f91737/penguatan-peran-orang-tua-dalam-pendidikan-anak-melalui-pendampingan-penggunaan-teknologi-di-era-digital tanggal 30 November 2020.
Irwansyah. 2018. Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan
Teknologi. Di unduh di https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/ view/639 tanggal 15 Januari 2020.
Kelana, Narwan S. 2020. Mendampingi Anak Saat Belajar itu Penting, ini Tujuannya.
Di unduh di https://siedoo.com/berita-27986-mendampingi-anak-saat-belajar-itu-penting-ini-tujuannya/ tanggal 24 Febuari 2021.
Kurnia,et al.2019. Literasi Digital Keluarga (Teori dan Praktik Pendampingan
Orangtua terhadap Anak dalam Berinternet. Yogyakarta: Gadjah Mada
University Pers.
Nofita, A. (2013). Hambatan – Hambatan Warga Belajar Dalam Proses Pembelajaran
Program Paket C Di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Di unduh di http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/view/1489 tanggal 24 Febuari 2021.
Prasetyo, Fajar AD. 2018. Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak.
Https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjj9IrLz4DvAhWGWX0KHeESAhUQFjABegQIBBAD&url=https%3A%2F%2Frepository.usd.ac.id%2F18145%2F2%2F141114056_full.pdf&usg=AOvVaw0aUBqcs4ngN9uvCXxJI4pO tanggal 5 Febuari 2021.
Ramayulis. 2001. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramdhani, Gilar.2019. 30 Juta Anak Melek Internet, Hati-hati Dampak Negatifnya!. Di unduh di Https://www.liputan6.com/news/read/831545/30-juta-anak-melek-internet-hati-hati-dampak-negatifnya tanggal 20 November 2020.
Ratuliu, Mona. 2018. Digital Parenthink. Jakarta: Mizan Publika.
Rojas, I. B., Barandiaran, A. A., & Gonzales, E. O. (2018). Parental Mediation of
the Internet Use of Primary Students: Beliesfs, Strategies and Difficulties. Media Education Research Journal Vol. XXVI, 71-79.
Subarto. 2020. Momentum Keluarga Mengembangkan Kem ampuan Belajar Peserta Didik
di Tengah Wabah Pandemi Covid-19. Di unduh di http://journal.uinjkt.ac.id/index. php/adalah /article/view/ 15383 tanggal 24 Febuari 2021.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Yulianingsih, Wiwin.2020. Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak
selama Masa Pandemi Covid-19. Di unduh di https://www. researchgate. net/publication/322828957_Pendampingan_Orang_Tua_pada_Anak_Usia_Dini_dalam_Penggunaan_Teknologi_Digital_Parent_Mentoring_of_Young_Children_in_the_Use_of_Digital_Technology tanggal 15 Januarin2021.
- Abstract viewed - 867 times
- PDF downloaded - 1337 times
Affiliations
Mohammad Tri Rizki
Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
Kustiono Kustiono
Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
Yuli Utanto
Pascasarjana Universitas Negeri Semarang
How to Cite
Parent Assistance in The Use of Gadgets for Early Childhood Learning Process
Vol 10 No 2 (2021): November 2021
Submitted: Aug 18, 2021
Published: Nov 30, 2021
Abstract
This research is motivated by the increasing use of gadgets among children. This phenomenon encourages the role of parents to do mentoring on children in using gadgets, especially in the learning process. This research method uses qualitative descriptive approach with observation data collection techniques, documentation, questionnaires and interviews. The purpose of this study is to find out the involvement of parents in accompanying children when using gadgets in the learning process. The results of this study found the involvement of parents in accompanying children when using gadgets for the learning process is very necessary because with the involvement of parents children can be wise in the use of gadgets and more focused in learning. This research has implications on parents' knowledge about the assistance of gadget use for children aged 4 -5 years.