PENGEMBANGAN OPEN JOURNAL SYSTEM SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan open journal system dan menguji keefektifan open journal system sebagai media sumber belajar mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Research and Development (penelitian dan pengembangan). Hasil penelitian menunjukkan penilaian dari ahli materi memperoleh presentase 94,44% sedangkan penilaian dari ahli media jurnal memperoleh presentase sebesar 97,77%. Hasil uji keefektifan nilai t hitung > t tabel (20.945 > 2,000) dan signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan penelitian ini terdapat perbedaan efektivitas pada pengembangan open journal system yang digunakan sebagai media sumber belajar mahasiswa. Hal ini dapat diartikan bahwa dengan pengembangan open journal system memberikan pengaruh terhadap efektivitas mahasiswa dalam mencari sumber belajar dan kemudahan dalam mendownload artikel.
This study aims to develop an open journal system and test the effectiveness of the open journal system as a media student learning resources. This research method using research procedures Research and Development (research and development). The results showed acquire material expert assessment of the percentage of 94.44% while the assessment of media experts journals obtain a percentage of 97.77%. The results of testing the effectiveness of t count> t table (20 945> 2.000) and significance <0.05 (0.000 <0.05), then Ho is rejected. So we can conclude there are differences in the effectiveness of this research on the development of open journal system that is used as a medium for student learning resources. This may imply that the development of open journal system influence on student effectiveness in finding learning resources and the ease of downloading the article.