PEMBELAJARAN AGAMA BUDDHA DENGAN METODE MODELING THE WAY BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUKMENINGKATKAN MOTIVASI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran pemecahan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Agama Buddha. Penelitihan ini mengupayakan bagaimana pembelajaran agama Buddha di sekolah dapat disampaikan secara menarik, menyenangkan dan kontekstual sehingga siswa dapat termotivasi dan hasil belajar dapat meningkat. Penelitian yang dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dengan tindakan langsung yaitu menerapkan metode modeling the way berbantuan multimedia dalam proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penerapan motode modeling the way berbantuan multimedia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Saran untuk para guru atau peneliti lain untuk dapat melengkapi kekurangan dari hasil yang peneliti lakukan. Menjadikan referensi untuk penelitian sejenis atau penelitian lainya.
The purpose of this research is to provide an explanation related to solution faced in Budhism teaching and learning. This research tried examine how to deliver the materials interestingly, joyfully, and contextually in order to motivate the students; thus their learning results would also improve. It employed the method of Classroom Action Research and the quasi-expe-riment. Further, it was conducted by using the direct action implementing the method of multimedia-assisted modeling in the learning process. As a result, the implementation of multimedia-assisted methods through modeling the way can improve motivation and learning results. Teachers as well as reserchers are recommended to revise the weaknesses of this rese-arch findings. This becomes the reference for similar research in the future.