Abstract

Tujuan  penelitian    ini  adalah memberikan  gambaran  pemecahan  permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Agama Buddha. Penelitihan ini mengupayakan bagaimana  pembelajaran  agama  Buddha  di  sekolah  dapat  disampaikan    secara menarik, menyenangkan dan kontekstual    sehingga  siswa dapat  termotivasi   dan hasil belajar dapat meningkat.  Penelitian yang  dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas  (PTK),  dilakukan  dengan  tindakan  langsung  yaitu menerapkan metode  modeling  the  way  berbantuan  multimedia  dalam  proses  pembelajaran. Berdasarkan  penelitian  yang  dilakukan,    penerapan  motode  modeling  the  way berbantuan  multimedia  dapat  meningkatkan  motivasi  dan  hasil  belajar.  Saran untuk para guru atau peneliti  lain untuk dapat melengkapi kekurangan dari hasil yang peneliti lakukan. Menjadikan referensi untuk penelitian sejenis atau penelitian lainya.

 

The purpose of  this research is to provide an explanation related to solution faced in Budhism teaching and learning. This research tried examine how to deliver the materials interestingly, joyfully, and contextually in order to motivate the students; thus their learning results would also  improve.  It  employed  the method  of  Classroom Action Research  and  the  quasi-expe-riment. Further,  it was  conducted  by  using  the  direct  action  implementing  the method  of  multimedia-assisted modeling  in  the  learning process. As a  result,    the  implementation  of  multimedia-assisted methods through modeling the way can improve motivation and learning results. Teachers as well as reserchers are recommended to revise the weaknesses of  this rese-arch findings. This becomes the reference for similar research in the future.