Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui keefektifan media flashcards dalam meningkatkan hasil belajar siswa; (2) mengetahui perbedaan aktivitas siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris yang menggunakan flashcards dengan yang tidak. Desain penelitian menggunakan pre test dan post test dengan subjek penelitian adalah 28 siswa kelas IIIb sebagai kelompok eksperimen dan 29 siswa kelas IIIa sebagai kelompok kontrol. Untuk mengetahui keefektifan dalam penelitian ini diukur dari adanya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa, ketuntasan belajar dan aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran bahasa Inggris bahasan domestis animal berbantuan media flashcards efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen mencapai 74,17 dengan rata-rata gain sebesar 0,37 dalam kategori cukup, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 72,41 dengan gain sebesar 0,22 dalam kategori rendah. Aktivitas belajar siswa pada pembelajaran bahasa Inggris bahasan domestis animal berbantuan media flashcards secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol, terbukti dari rata-rata aktivitas kelompok eksperimen sebesar 88,25 sedangkan aktivitas pada kelompok kontrol sebesar 84,86 serta diuji menggunakan independent t-test diperoleh nilai p value = 0,024 < 0,05. Disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris dengan flashcards efektif meningkatkan hasil belajar dan membuat aktif peserta didik.

 

The problem of  this research was the complaints  from teachers upon the dif ficulty and affordability of  making  learning media. Therefore the objectives of  this research are: (1) to examine the ef fectiveness of  f lashcards media to enhance students’ outcome; (2) examine the differences among students’ activity  in English language learning. The subject was students of  IIIa and IIIb MI Islamiyah Bandengan Jepara in academic year 2011/2012. Pre test and post test were given to 28 students  in IIIb as the experiment group and 29 students  in IIIa as the controlled group. To examine the effectiveness of  this research, the students’ outcome improvement, passing grade and learning activity were examined. The results showed that  learning English on the topic of  domestic animal using  f lashcards was proven ef fective to enhance students’  outcome. The average  grade  of   experiment  group  achieved  74.17 with  average gain  0.37  in quite good category; meanwhile the controlled group was 72.41 with average gain 0.22 in poor category. The students’ activity  in controlled group is significantly better than the controlled group, proven by the average of  experiment group activity 88.25; meanwhile the activity of  controlled group 84.86 tested using independent t-test obtained from p value = 0.024 < 0,05. In conclusion, English language learning using f lashcards is effective for enhancing students’ outcome and triggering active participation.