PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN DI JURUSAN PGPAUD UNNES
Abstract
Jurusan PGPAUD sebagai salah satu penerima hibah pengembangan kurikulum internasional perlu melakukan pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran blended learning berbasis proyek serta untuk mengetahui tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifan model pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah RnD dengan mengacu pada pengembangan 4D. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 yang menempuh mata kuliah media pembelajaran. Inti dari penelitian ini adalah mencari signifikansi perbedaan hasil belajar mahasiswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan perangkat pembelajaran dinyatakan sangat valid dengan nilai rata-rata silabus (4,7), SAP (4,6), materi (4,7), dan media e-learning (4,2) dari skor maksimal 5. Tingkat kepraktisan dilihat dari indikator keterlaksanaan dengan skor rata-rata 53,85% dengan indikator terlaksana. Tingkat keefektifan dilihat dari rata-rata peningkatan prestasi hasil belajar mahasiswa dengan gain skor 0,53 (sedang), respon mahasiswa dengan skor rata-rata 51,28% (sangat baik), dan motivasi mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran dengan skor 69,23% (tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan model pembelajaran blended learning berbasis proyek adalah valid, praktis dan efektif.
Early Childhood Education Office, having received grant on international curriculum development, needs to have innovative learnings. Goal of this research is to develop project based blended learning learning model while also learning the developed model’s variables of validity, simplicity and effectiveness. The research method being used was RnD, referring to 4D development. Subject to this research are 2nd semester students taking Learning Media subject. This research is essentially looking for difference significance of student learning results between experiment class and control class. The research concludes that learning media are very valid with scores of syllabus (4.7), SAP (4.6), material (4.7), and e-learning media (4.2) out of a maximum 5. Simplicity rate were indicated from process completeness with the average score of 53.85% indicated process completed. Effectiveness rate were determined from average of student learning result achievements with the gain scoring at 0.53 (medium), student response averaging at 51.28% (very good), and student motivation in attending class with a score of 69.23% (high). Conclusion to the research is that project based blended learning learning model development is valid, simple and effective.