PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI DIRI GURU TERKAIT PENCAPAIAN KOMPETENSI GURU DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA GURU SMP KOTA SALATIGA
Abstract
Pengembangan Instrumen Evaluasi Diri Guru Terkait Pencapaian Kompetensi Guru dan Implementasi Kurikulum 2013 pada Guru merupakan kebutuhan mendesak karena dapat digunakan sebagai panduan bagi guru untuk menilai (evaluasi) diri kompetensi guru. Bentuk instrumen yang dikembangkan adalah instrumen penilaian (evaluasi) kompetensi pedagogis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian (evaluasi)diri kompetensi pedagogis yang valid dan reliabel yang diimplementasikan di SMP di Kota Salatiga. Variabel Penelitian ini adalah kompetensi pedagogis guru. Pengumpulan Data melalui metode kualitatif, dokumentasi dan penilaian melalui angket. Analisis data kualitatif digunakan untuk memperoleh data pendahuluan, sedangkan perolehan data pengembangan hingga uji coba digunakan analisa kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penilaian (evaluasi) diri kompetensi pedagogis guru di Kota salatiga belum memiliki instrumen khusus, tetapi masih terbatas pada penilaian subjektif kepala sekolah ataupun pengawas. (2) Instrumen yang dikembangkan berupa instrumen penilaian (evaluasi) diri kompetensi pedagogis. (3) Instrumen valid secara isi ditunjukkan dengan presentase skor penilaian validator 94,28 % untuk kompetensi pedagogis serta valid secara konstruk yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi lebih besar dari 0,3 dan reliabel yang ditunjukkan oleh besaran nilai koefisien reliabilitas 0,939 untuk kompetensi pedagogis (4) Instrumen penilaian (evaluasi) diri kompetensi pedagogis yang dikembangkan mudah dipahami sebagaimana dikemukakan validator praktisi dan guru sebagai rateers.
Development of Self-Evaluation Instrument Related Master Teacher Competency Achievement and implementation of Curriculum 2013 at the Master is an urgent need because it can be used as a guide for teachers to assess (evaluate) self-competence of teachers. Developed forms of instruments are the instruments of assessment (evaluation) pedagogical competence and professional competence of teachers. This research aims to develop assessment instruments (evaluation) self pedagogical competence and professional competence valid and reliable are implemented in junior high school in Salatiga. The results showed that (1) assessment self pedagogical competence and professional competence of teachers in the City salatiga not have a special instrument, but is still limited to subjective assessment principals or supervisors. (2 ) The instrument was developed in the form of an assessment instrument (evaluation) self pedagogical competence. (3) Instruments valid contents indicated by the percentage of 94.28% validator assessment scores for pedagogical competence as well as the valid construct as indicated by the value of the correlation coefficient greater than 0.3 and reliably indicated by the magnitude of the value reliability coefficient of 0.939 for pedagogical competence. (4) Instruments assessment (evaluation) self pedagogical competence and developed easily understood as expressed validator practitioners and teachers as rateers.