PENERAPAN GRAF KOMPATIBEL PADA PENENTUAN WAKTU TUNGGU TOTAL OPTIMAL DI PERSIMPANGAN JALAN KALIGARANG KOTA SEMARANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bentuk graf kompatibel dari hasil pemodelan arus lalu lintas di persimpangan jalan dan menghitung waktu tunggu total optimal di persimpangan jalan dengan menggunakan graf kompatibilitas serta mengetahui perhitungan hasil waktu tunggu total optimal berdasarkan graf kompatibilitas dengan pengaturan yang sudah diterapkan. Hasil penelitian ini diperoleh bentuk graf kompatibel dari hasil pemodelan arus lalu lintas di persimpangan jalan simpang empat jalan Kaligarang-Kelud Raya-Bendungan Kota Semarang, waktu tunggu total optimal di simpang empat jalan Kaligarang-Kelud Raya-Bendungan Kota Semarang hasil yang didapat di lapangan adalah 389 detik sedangkan dengan menggunakan graf kompatibel menghasilkan 120 detik. Perhitungan hasil waktu tunggu total optimal berdasarkan graf kompatibel lebih optimal (minimal) dibandingkan dengan pengaturan yang sudah diterapkan. Dalam perhitungan waktu tunggu total optimal ini yang dilihat hanya dari satu variabel yaitu waktu, karena tidak melibatkan variabel yang lainnya, seperti jumlah kendaraan dan lebar jalur.