Abstract

Fasilitas petunjuk arah menuju tempat-tempat wisata di Batang sangat minim, sehingga para wisatawan kesulitan mencari rute yang efisien menuju tempat-tempat wisata tersebut. Permasalahannya adalah bagaimana menentukan rute terpendek tempat wisata di Batang menggunakan algoritma Dijkstra dan Floyd-Warshall. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan penyelesaian dari penerapan algoritma Dijkstra dan Floyd-Warshall dalam menentukan rute terpendek dari stasiun/terminal di Batang menuju ke tempat wisata di Batang. Langkah-langkah dari penelitian meliputi (1) membuat graf berbobot rute tempat wisata di Batang, (2) menemukan penyelesaian dari penerapan algoritma Dijkstra, (3) menemukan penyelesaian dari penerapan algoritma Floyd-Warshall, (4) menentukan rute terpendek yang direkomendasikan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 27 rute terpendek di mana 25 rute adalah sama dan terdapat 2 rute yang berbeda. Rute yang berbeda tersebut yaitu (1) rute terpendek dari Terminal Banyuputih ke Tubing Pandansari dan (2) rute terpendek dari Terminal Banyuputih ke Bandar Ecopark. Dapat disimpulkan bahwa algoritma Dijkstra lebih tepat untuk digunakan dalam menentukan rute terpendek tempat wisata di Batang.