Abstract

Saat ini banyak merek handphone bermunculan dengan berbagai variasi, sehingga para produsen handphone harus melakukan survey pasar jika tidak ingin produknya terlempar dari persaingan pasar. Dari permasalahan tersebut penulis tertarik untuk meneliti faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam memilih merek handphone, bagaimana pola perpindahan merek handphone dan bagaimana prediksi pangsa pasar handphone untuk dua periode yang akan datang serta bagaimana periode kesetimbangan terhadap prediksi pangsa pasar. Markov Chain merupakan salah satu metode yang digunakan untuk memprediksi pangsa pasar suatu produk pada periode saat ini sebagai dasar untuk memprediksi pangsa pasar yang akan datang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih merek Handphone yaitu fitur yang lengkap dan harganya murah. Merek Blackberry merupakan merek yang mampu mempertahankan jumlah konsumennya sebesar 76,9% dan mempunyai peluang terbesar dalam memperoleh konsumen sehingga pada periode yang akan datang Blackberry menguasai pangsa pasar sebesar 33,2% sedangkan merek Mito merupakan merek yang mempunyai peluang terkecil dalam mempertahankan kosumennya yaitu 0% dan merupakan merek yang mempunyai peluang terbesar kehilangan konsumen sehingga pada periode yang akan datang Mito mempunyai pangsa pasar terkecil sebesar 0,7%. Periode kesetimbangan terjadi pada periode ke-24.