Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang cara membangun simulasi algoritma Dijkstra dalam mencari lintasan terpendek pada suatu graf menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic dan membuktikan bahwa penghitungan simulasi algoritma Dijkstra yang dibuat  mempunyai hasil solusi yang sama dengan penghitungan manual  dalam mencari lintasan terpendek pada graf. Algoritma Dijkstra merupakan algoritma untuk mencari lintasan terpendek yang diterapkan pada graf berarah dan berbobot, yang jarak antar titiknya adalah bobot dari tiap busur pada graf tersebut. Permasalahan yang diangkat adalah cara membangun  simulasi algoritma Dijkstra dalam mencari lintasan terpendek pada suatu graf menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic dan kecocokan hasil pencarian lintasan terpendek antara penghitungan cara manual dengan menggunakan penghitungan simulasi. Simulasi algoritma Dijkstra dalam menangani masalah lintasan terpendek pada suatu graf dibangun menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic. Simulasi yang dibangun kemudian diuji dengan bentuk graf dari hasil representasi. Dari graf yang direpresentasikan, setelah diuji coba menggunakan simulasi ternyata mempunyai solusi hasil lintasan dan jarak yang sama dengan penghitungan manual. Dengan demikian, simulasi algoritma Dijkstra dalam menangani masalah lintasan terpendek pada suatu graf menggunakan Visual Basic selesai direalisasikan dan dapat diimplementasikan pada permasalahan sehari-hari yang dapat direpresentasikan dalam bentuk graf dan dicari lintasan terpendeknya.