Tingkat Kemampuan Kondisi Fisik Kekuatan pada Atlet Bola Voli Putra Di Club IVOKAS Kabupaten Semarang Tahun 2018

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Pramudito Dhomas Hernandi

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah seberapa besar kemampuan kondisi fisik kekuatan atlet bola voli putra di club IVOKAS kabupaten Semarang tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menginformasikan kemampuan kondisi fisik kekuatan otot para atlet bola voli putra di club IVOKAS kabupaten Semarang tahun 2018.


Populasi penelitian ini adalah atlet bola voli putra di club IVOKAS kabupaten Semarang tahun 2018. Sampel penelitian ini adalah atlet putra usia 16 – 20 tahun di club IVOKAS kabupaten Semarang tahun 2018 yang berjumlah 20 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan survey kemampuan kekuatan tes. Variabelnya adalah kemampuan kekuatan otot lengan, punggung, perut dan tungkai. Metode pengolahan data menggunakan analsis statistik deskriptif presentase.


Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan kondisi fisik kekuatan otot lengan dalam kriteria sedang dengan presentasi mencapai 60%, kekuatan otot punggung masuk dalam kriteria baik dengan presentasi mencapai 55%, kekuatan otot perut masuk dalam kriteria baik sekali dengan presentasi 75%, kekuatan otot tungkai masuk dalam kriteria sedang dengan presentasi 50%.


Simpulan hasil penelitian ini untuk kemampuan kekuatan otot lengan 60% kriteria sedang, punggung 55% kriteria baik, perut 75% kriteria baik sekali dan tungkai 50% kriteria sedang. Kepada pelatih perlu meningkatkan latihan fisik dan memperhatikan kebutuhan fisik atlet, dan kepada atlet perlu kesadaran diri untuk meningkatkan kemampuan kekuatan agar terjadi peningkatan kekuatan yang signifikan.


Kata kunci: Tingkat, Kekuatan, Bola Voli

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Hernandi, P. (2021). Tingkat Kemampuan Kondisi Fisik Kekuatan pada Atlet Bola Voli Putra Di Club IVOKAS Kabupaten Semarang Tahun 2018. Unnes Journal of Sport Sciences, 5(1), 34-43. https://doi.org/10.15294/ujoss.v5i1.46989