BOLA KARET SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN GERAK MANIPULATIF SISWA SD

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zusrotun Nimah

Abstract

 


Pendidikan merupakan proses mengembangkan potensi peserta didik. Di masa pandemi covid-19 yang melanda negara-negara dunia termasuk Indonesia menimbulkan masalah dalam dunia pendidkan salah satunya ditingkat SD. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif dan menambah pengetahuan siswa di SDN 03 Surokonto Kulon pada materi bola voli.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan sasaran penelitian yaitu siswa kelas V SDN 03 Surokonto Kulon. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes kognitif, lembar afektif dan lembar psikomotor.


Hasil penelitian menyatakan : peningkatan hasil belajar siswa siklus I sebesar 14%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 93% dari jumlah siswa, dan nilai rata-rata antara siklus I dan II naik sebesar 38%.


Simpulan menyatakan pengolahan pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan media bola karet mampu meningkatkan semangat dan motivasi siswa sehingga dapat meningatkan kemampuan hasil belajar dan gerak manipulatif siswa dibuktikan dengan naik nya pesentase pada siklus II. Saran yang dapat disampaikan yaitu : bola karet dapat dijadikan alternatif dalam meningatkan gerak manupulatif siswa, sebagai inovasi pembejaran PJOK serta dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar PJOK.


 


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Nimah, Z. (2022). BOLA KARET SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN GERAK MANIPULATIF SISWA SD. Unnes Journal of Sport Sciences, 6(1), 52-58. https://doi.org/10.15294/ujoss.v6i1.54298