PEMBELAJARAN SERVIS ATAS MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PERMAINAN BOLA VOLI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Achmad Ayub
Joko Hartono

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Pendidikan jasmani harus mengutamakan tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang ada sekarang dirasa monoton. Hal tersebut membuat anak cenderung bosan dan kurang menangkap inti pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh tindakan pembelajaran penjas melalui pendekatan metode audiovisual dalam servis atas bolavoli untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 11 Semarang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian tindakan kelas meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan pengamatan dilapangan, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti, lembar tes praktik, dan RPP, silabus dan CD audiovisual. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 60 dengan ketuntasan klasikal 63.75% dari indikator ketercapaian 75%. Untuk hasil penelitian siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70 dengan ketuntasan klasikal 76.56% dari indikator ketercapaian 75%. Hasil akhir meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran audiovisual. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar servis atas siswa dengan menggunakan model pembelajaran audio visual

Abstract

___________________________________________________________________

Physical education should be prioritized the  goal of learning . The learning model is often considered monotonous. This makes children tend to become bored and less captures the core subject learning . The aim of this research is to find out the effect of an action by the application of physical education learning through audiovisual method approach in servicing the top volleyball to improve student learning outcomes XI SMK State 11 Semarang. This research method is a Classroom Action Research. The procedure includes classroom action research planning stage, the implementation phase , stage of observation, and the stage of reflection. Data collection techniques done by field observations, interviews and documentation . The research instrument used in this study were researchers , sheets practice tests , and lesson plans , syllabi and audiovisual CD. Analysis of the data is quantitative and qualitative descriptive.  Results of the first cycle studies show the average student learning outcomes by 60 with 63.75 % classical completeness of indicators of achievement 75 % . For the second cycle study results showed an average student learning outcomes by 70 with 76.56 % classical completeness of indicators of achievement 75 % . The final result increased with the implementation of audiovisual learning model . Based on the above results it can be concluded that an increase in service on student learning outcomes by using audio- visual learning model .

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Achmad Ayub

SPORT COACHING EDUCATION

SPORT SCIENCE FACULTY

SEMARANG STATE UNIVERSITY

How to Cite
Ayub, A., & Hartono, J. (2015). PEMBELAJARAN SERVIS ATAS MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PERMAINAN BOLA VOLI. Unnes Journal of Sport Sciences, 4(1). https://doi.org/10.15294/ujoss.v4i1.8632

References

Kemmis. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deaklin University.

M. Yunus. 1992. Olahraga Pilihan Bola Voli. Jakarta: Depdikbud

Muklis. 2003. Strategi Belajar dan Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Rahmat Djatun. 1990. Dasar Kependidikan. Surakarta: FKIP UNS

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara