PENGARUH LATIHAN AGILITY 15-YARD TURN DRILL DAN X-PATTERN MULTI SKILL TERHADAP KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
_________________________________________________________________
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode latihan yang lebih efektif antara latihan agility 15-yard turn drill dan x-pattern multi skill terhadap keterampilan menggiring bola. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi 70 anak dan sampelnya adalah siswa usia 14-15 tahun SSB DCAB yang berjumlah 24 anak. Instrumen yang digunakan adalah Tes Menggiring Bola “Mor-Christian Soccer Dribbling Testâ€. Teknik analisis data menggunakan uji-t, melalui uji prasyarat uji normalitas. Berdasarkan analisis data dengan 5% dan dk=11 kelompok 1 nilai thitung 8,44 > ttabel 2,201 dan kelompok 2 nilai thitung 9,51 > ttabel 2,201 yang berarti ada pengaruh data hasil pre-test dan post test dari kedua kelompok. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa latihan 15-yard turn drill dan x-pattern multi skill berpengaruh terhadap keterampilan menggiring bola. Tingkat keefektifan latihan agility x-pattern multi skill yaitu 5,21†lebih efektif dibandingkan agility 15-yard turn drill dengan tingkat kefektifan yaitu 2,75†terhadap keterampilan menggiring bola.
Abstract
___________________________________________________________________
This research purpose is to find out which method is more effective between the 15-yard turn drill and x-pattern multi skill on dribbling ability. This research used an experimental methode with a population of 70 children and the sample were students age 14-15 SSB DCAB Tegal totaling 24 children. Instrument used was a test dribbling “Mor-Christian Soccer Dribbling Testâ€. Data analysis techniques using t-test through test prerequisite test for normality. Based on data analysis with 5% and dk= 11, group 1 value of 8,44 t-count > t-table 2,201 which means there is the influence of data from pre-test and post test of both group. Thus it can be explained that the exercise 15-yard turn drill and x-pattern multi skill effect on dribbling abiilty. The effectiveness of x-pattern multi skill that 5,21†more effectively than 15-yard turn drill with a level of effectiveness that is 2,75†against dribbling ability.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bompa, T.O.1990. Theory and Methodology of Training: The Key Ia athletic Performance. Duluque: Kendal Hunt Publishing Company.
Brown, Lee E. et al. 2000. Training For Speed, Agility, and Quickness. USA: Human Kinetik.
Fakultas Ilmu Keolahragaan. 2013. Pedoman Penulisan Skripsi. Semarang: FIK UNNES.
Febri Dwi Batsunu. 2013. “Pengaruh Latihan Agility Terhadap Kemampuan Shooting Pada Siswa Sekolah Sepakbola Terang Bangsa Semarang 2013. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Gifford, Clive. 2007. Keterampilan Sepakbola. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.
Hadi,Sutrisno. 2000. Statistik Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset.
_ _ _ _ _ _ _ . 2000. Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.
Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Koger, Robert. 2007. Latihan Dasar Andal Sepakbola Remaja. Klaten: Saka Mitra
Komarudin. 2005. Diklat Pembelajaran Dasar Gerak Sepakbola. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Luxsbacher. Joseph. A. 1997. Sepakbola Taktik dan Teknik Bermain. Jakarta: PT. Raja Gratindo.
_ _ _ _ _ . 2004.Sepakbola. Jakarta: PT. Raja Gratindo.
M.Sajoto. 1988. Peningkatan dan Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang : Dahara Price.
_ _ _ . 1995. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olaharaga. Jakarta: Effhar dan Dahara Prize.
Putera, Dwi. 2013. Uji Normalitas Menggunakan Tabel Liliefors. Available at http://statistikapenidikan.com
Suharno HP. 1986. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta: IKIP FPOK.
Sukatamsi. 1984. Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Solo: Tiga Serangkai.
Strand, Bradford N. 1995. Assessing Sport Skill. Utah: Utah State University.