“KONSER FISIKAâ€: PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGINTEGRASIKAN SENI MUSIK MENGGUNAKAN GITAR AKUSTIK, ZELSCOPE, DAN LAGU FISIKA PADA MATERI BUNYI
Abstract
Membawa unsur seni di dalam pembelajaran sains akan menciptakan suasana baru di dalam kelas. Ini artinya guru harus mempertemukan dua hal yang tampak berbeda, seperti sains (fisika) dan seni (musik), agar menjadi saling terkait. Dalam makalah ini dibahas bagaimana pengaruh integrasi seni musik dalam pembelajaran fisika tentang bunyi terhadap antusiasme dan pemahaman (maha)siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif model one group pretest posttest design. Media pembelajaran yang digunakan adalah gitar akustik, software Zelscope 1.5, dan lagu fisika. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung, seni musik diaplikasikan dalam setiap sesi motivasi atau konsolidasi melalui lagu atau permainan gitar akustik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah RPP, lembar observasi KBM dan sikap, soal evaluasi kognitif, serta kuesioner. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan telah berhasil meningkatkan antusiasme dan pemahaman (maha)siswa pada materi bunyi.
Bringing elements of art in science learning will create a new atmosphere in the classroom. It means that teachers must combine two different things, such as science (physics) and art (music). This paper discusses about how music integration in learning physics about sound influences students’ enthusiasm and understanding. This research is a qualitative model of one group pretest posttest design. The media used are acoustic guitar, Zelscope 1.5 software, and songs about physics. During the learning activities, music is applied in every motivational or consolidation session using song or acoustic guitar playing. The research instruments used are lesson plan, observation sheets of learning activities and attitudes, cognitive evaluation questions, and questionnaires. Based on the data obtained, it can be concluded that the teaching methods used have increased students’ enthusiasm and understanding on the physics material about sounds.
References
Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics, Indiana University. Tersedia di http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. [diakses 16 Nopember 2015]
Inman, F. W. 2006. A Standing Wave Experiment With a Guitar. The Physics Teacher 44.
Jancke, L. 2008. Music, Memory, and Emotion. Journal of Biology, 7 (21).
Kasar, M. K., Yurumezoglu, K., dan Sengoren, S. K. 2012. Teaching the Concept of Resonance with the Help of a Classical Guitar. The Physics Teacher, 50 (558).
Ornek, F., Robinson, W. R., and Haug an M. P. 2008. What Make Physics Difficult?. Int. Journal of Environmental & Science Education, 3 (1) : 30 – 34.
Phet Simulation Sound and Waves. Tersedia di https://phet.colorado.edu/in/simulation/legacy/sound. [diakses 16 Nopember 2015]
Ramsey, G. P. 2015. Teaching Physics with Music. The Physics Teacher, 53 (415).
Russel, D. A. 1998. Longitudinal and Transverse Wave Motion. The Pennsylvania State University. Tersedia di http://www.acs.psu.edu/drussell/Demos/waves/wavemotion.html [diakses 16 Nopember 2015]
Sebestyen, D. 2011a. Physics and Art at the University. Obuda University e-Bulletin, 2 (1) : 279 – 284.
______. 2011b. Bridging Art and Physics in Teaching Process. Proceeding of 8th Int. Conf. on HSCI, Ljubljana pp: 6 – 8.
Sobel, M. 2014. Teaching Resonance and Harmonics with Guitar and Piano. The Physics Teacher, 52 (80).
Subali, B., Idayani, dan Handayani, L. 2012. Pengembangan CD Pembelajaran Lagu Anak untuk Menumbuhkan Pemahaman Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8 : 26 – 32.
Sutardi. 2013. Pemanfaatan Gitar Akustik dalam Pembelajaran Fisika Bunyi bagi Siswa SMA. Seminar Nasional 2nd Lontar Physics Forum LPF1313-1 – LPF131-5.