PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU BERBASIS LITERASI SAINS BERTEMA APLIKASI KONSEP ENERGI DALAM KEHIDUPAN

  • Amelia Cristina Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Ani Rusilowati Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Sunarno Sunarno Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang
Keywords: Development, Teaching Materials, Scientific Literacy

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah khususnya dalam bidang sains berdasarkan hasil studi PISA dan TIMSS. Salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah adalah melalui pendayagunaan bahan ajar. Bahan ajar memiliki peran yang penting dalam pembelajaran termasuk pembelajaran terpadu. Namun dalam kenyataannya, bahan ajar IPA Terpadu yang beredar belum menunjukkan keseimbangan kategori literasi sains. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan bahan ajar IPA terpadu yang berbasis literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, tingkat kelayakan dan keterbacaan bahan ajar, serta peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Karakteristik bahan ajar memiliki empat aspek literasi sains yang dikemas dengan proporsi yang seimbang. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan bahan ajar sebesar 91,73% dan tingkat keterbacaan bahan ajar sebesar 91,51%. Selain itu, peningkatan kemampuan literasi sains untuk ranah kognitif pada kelas eksperimen sebesar 0,67 , sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,21. Hasil belajar ranah psikomotorik dan afektif kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

 

The quality of education in Indonesia is still low, especially in science is based on the results of PISA and TIMSS studies. One way in which the government is through the utilization of teaching materials. Teaching materials have an important role in learning included in the integrated learning. But in reality, integrated science teaching materials has not shown any outstanding balance scientific literacy category. Therefore, it is necessary to develop an integrated science teaching materials based scientific literacy. This study aims to determine the characteristics, the feasibility and readability of teaching materials, and the enhancement of students' science literacy skills. The method used is a method of research and development. Characteristics of teaching materials has four aspects that are packed with well-balanced proportions. The results showed the feasibility level of 91.73% of teaching materials and teaching materials readability level of 91.51%. In addition, the enhancement of students' science literacy skills in the experimental class of 0.67, while the control class is 0.21. Results psychomotor and affective domains of learning experiment class is greater than the control class. This shows that the teaching materials developed can increase scientific literacy of students.

References

Adisendjaja, Y. H. 2008. Analisis Buku Ajar Biologi SMA Kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains. [Online]. Tersedia di http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/195512191980021-YUSUF_HILMI_ADISENDJAJA/PENELITIAN_ANALISIS_BUKU_LITERASI_SAINS.pdf. [diakses 31-12-2014].

Ayodele & M. Olagoke. 2012. Readability of Basic Science and Technology Textbooks for Primary Schools. Research Journal in Organizational Psychology and Educational Studies, 1(1): 33-36.

Bybee, R., B. McCrae, & R. Laurie. 2009. “PISA 2006: An Assessment of Scientific Literacyâ€. Journal Of Research in Science Teaching, 46(8): 865-883.

Chiappetta, E.L., D.A. Fillman, & G.H. Sethna. 1991. A Method to Quantify Major Themes of Scientific Literacy in Science Textbooks. Journal of Research in Science Teaching, 28 (8): 713-725.

Hasruddin. 2011. Pembelajaran IPA dalam Upaya Menciptakan Melek IPA bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Science, 3(25): 36-44.

Prasetyo, Z.K. & Tim. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas, serta Menerapkan Konsep ilmiah Peserta Didik SMP. Laporan Penelitian Dana DIPA BLU UNY Tahun 2010. Yogyakarta: LP2M UNY.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Utami, F. D. 2014. Analisis Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VIII Berdasarkan Muatan Literasi Sains di Kota Semarang. Skripsi: Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Widodo, A.T. 1995. Modifikasi Teks Rumpang untuk Bahan Ajar MIPA. Kampus Bendan Ngisor: Lembaga Penelitian IKIP Semarang.

Wilkinson, J. 1999. A Quantitative Analysis of Physics Textbooks for Scientific Literacy Themes. Research in Science Education, 29(3):385-399.

Published
2016-09-19
Section
Articles