PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES BELAJAR FISIKA SISWA SMP KELAS VIII

  • Nurul Istiana Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Sarwi Sarwi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang
  • Masturi Masturi Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang
Keywords: Cooperative STAD, mastery concept, skills process of physics.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif STAD terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses belajar fisika siswa pada sub pokok bahasan getaran dan gelombang. Subjek penelitian adalah kelas VIII B SMP Negeri 2 Ambarawa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji deskriptif presentase, uji gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 86,11% dengan kriteria tinggi. Data pre-test dan post-test dianalisis menggunakan Chi Kuadrat dan dinyatakan berdistribusi normal. Peningkatan penguasaan konsep ditunjukkan dengan <g>= 0,6 dan kriteria sedang. Hasil analisis uji t menyebutkan thitung = 7,477; ttabel= 1,697; thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kelima aspek keterampilan proses belajar fisika siswa dianalisis menggunakan uji deskriptif dan dinyatakan meningkat secara signifikan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatan penguasaan konsep dan mengembangkan keterampilan proses belajar fisika siswa SMP kelas VIII pada sub pokok bahasan getaran dan gelombang.

 

This study aims to determine the influence of application cooperative learning type STAD to mastery concept and skills process of physics in sub material vibrations and waves. The subject of research is all students in VIII B SMP Negeri 2 Ambarawa. Collection of data using a technique tests, observations and documentation. Data analysis using a percentage descriptive test, gain test, and t-test. The result of research shows that exhaustiveness studying classical student at 86,11% with high criteria. Pre-test and post-test data were analysis using Chi Kuadrat and conclude as normal distribution. Enhancement of mastery concept shows with <g>= 0,6 and middle criteria. T-test analysis result shows tcount = 7,477; ttable = 1,697; tcount > ttable   so Ho rejected and Ha received. Five aspects of skills learning process of physics students are analyzed using descriptive test and shows increase as significant. The conclusion is cooperative learning model of STAD can increase the mastery concept and develop the skills learning process of physics students class VIII SMP in sub material vibrations and waves.

References

Anni, C.T., A. Rifa’i, E. Purwanto, & D. Purnomo. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: Univesitas Negeri Semarang

Aktamis, H. & N. Yenice,. 2010. Determination of The Science Process Skills and Critical Thinking Skill Levels. Science Direct, 3282-3288

Eralita, N., T. Redjeki, & B. Hastuti. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi LKS Terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Koloid Kelas XI SMA N Kebakkramat Tahun Ajaran 2011/ 2012. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 1 (1): 59-66

Febrina, N.A., & Isroah. 2012. Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas X AK 3 Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 10 (2): 114-132

Gillies, R. M. 2004. The effects of cooperative learning on junior high school students during small group learning. Elsevier, 197-213

Haswenti. 2008. Pembelajaran Fisika Model Cooperative Learning Type STAD untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar pada Konsep Wujud Zat Kelas VII B SMPN 2 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 6 (2): 26-32

Jalilifar, A. 2010. The Effect of Cooperative Learning Techniques on College Students’ Reading Comprehension. Science Direct, 38: 96-108

Nugroho, U., Hartono & S.S. Edi. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Keterampilan Proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5: 108-112

Rahayu, E., H. Susanto, & D. Yulianti. 2011. Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7: 106-110.

Subiyanto. 1988. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti P2LPTK

Sugianto, A., Dian, & M.B. Harahap. 2014. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 1 (1): 96-128

Vebrianto, R & K. Osman. 2011. The Effect of Multiple Media Instruction in Improving Students’ Science Process Skill and Achievement. Science Direct, 346-350

Published
2016-09-19
Section
Articles