KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMP

  • Azmi Fitria Pratiwi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Sugianto Sugianto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Sukiswo Supeni Edie Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray efektif meningkatkan pemahaman konsep dan pendidikan karakter siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Kajen. Dengan teknik simpel random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diterapkan model konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan tes. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA fisika dan pendidikan karakter siswa, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran. Hasil analisis uji t pihak kanan menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji proposi pihak kiri ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal paling besar ada di kelas eksperimen yaitu sebesar 93,75%. Hasil uji gain menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 0,71 dan kelas kontrol sebesar 0,50. Hasil angket dan observasi menunjukkan peningkatan pendidikan karakter kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan pendidikan karakter siswa SMP.

Published
2017-03-20
Section
Articles