KEEFEKTIFAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN PADA PENGUASAAN KONSEP DAN KINERJA SISWA SMA

  • Aufa Maulida Fitrianingrum Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Sarwi Sarwi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Budi Astuti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas pembelajaran project based learning berbasis eksperimen pada penguasaan konsep dan kinerja siswa pada materi keseimbangan benda tegar. Metode penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Penguasaan konsep diukur menggunakan instrumen tes dengan model three-tier test. Kinerja siswa diukur selama dan setelah proses pembelajaran menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji gain dan uji t satu sampel. Peningkatan penguasaan konsep siswa menghasilkan faktor gain sebesar 0,708 dengan kriteria tinggi. Uji gain kinerja siswa pertemuan 1 – 3 menghasilkan faktor gain sebesar 0,47 dengan kriteria sedang. Hasil uji t menunjukkan  sebesar 5.31 lebih dari  yaitu 2,03 sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan project based learning berbasis eksperimen efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kinerja siswa.

Published
2017-03-20
Section
Articles