E-SCAFFOLDING FISIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PROBLEM SOLVING SKILL DAN SIKAP ILMIAH SISWA SMA

  • Affa Ardhi Saputi Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Insih Wilujeng Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Pembelajaran abad XXI mensyaratkan penggunaan teknologi komputer untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, termasuk pembelajaran Fisika pada jenjang SMA. Berdasarkan kerangka pembelajaran abad XXI dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 2 kemampuan problem solving dan sikap ilmiah menduduki posisi penting dalam pembelajaran fisika. Artikel ini bertujuan memaparkan gagasan teori scaffolding dan inovasinya pada pembelajaran fisika untuk menghasilkan media pembelajaran fisika sebagai upaya meningkatkan problem solving skill dan sikap ilmiah siswa. Inovasi pembelajaran fisika dilakukan dengan mengembangkan scaffolding fisika berbasis komputer. Scaffolding fisika berbasis komputer atau disebut dengan e-scaffolding fisika dikembangkan dengan multi representasi sehingga mampu meningkatkan problem solving skill dan sikap ilmiah siswa. Untuk menigkatkan problem solving skill, e-scaffolding fisika disusun dengan komponen: 1) problems; 2) resources; 3) related case; 4) scaffolding; 5) community. Selama proses problem solving berlangsung melibatkan kognitif, mental dan emosional siswa dan mampu merubah sikap dan pandangannya terhadap fisika, sehingga sikap ilmiah siswa akan meningkat.

Published
2017-03-20
Section
Articles