ANALISIS KEBUTUHAN ALAT PERAGA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU

  • Duwi Nuvitalia Jurusan Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang
  • Siti Patonah Jurusan Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang
  • Ernawati Saptaningrum Jurusan Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang
  • Khumaedi Khumaedi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Ani Rusilowati Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan alat peraga sebagai wujud implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA Terpadu SMP. Metode penelitian yang digunakan yaitu research and development. Melalui kegiatan Focus Group Discusion (FGD) didapatkan hasil sebesar 94 % guru menyatakan bahwa keberadaan alat peraga dalam pembelajran IPA di SMP adalah sangat penting. Sedangkan hanya 6 % menyatakan penting. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam pembelajaran IPA, diperlukan alat peraga karena dapat mendukung pembelajaran pada setiap tahapan scientific approach.

Published
2017-03-20
Section
Articles