MODEL QUANTUM LEARNING FISIKA MATERI TEORI KINETIK GAS BERMUATAN KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA SMA KELAS XI

  • Novita Triwidianingsih Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Dwi Yulianti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Fianti Fianti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

      Selama ini siswa masih menganggap fisika sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Pandangan ini dapat diubah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa merasa nyaman dalam belajar, salah satunya adalah quantum learning. Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah mendeklarasikan diri sebagai universitas konservasi sejak 12 Maret 2010, sehingga calon pendidik yang diluluskan oleh UNNES juga bertanggung jawab dalam membawa misi konservasi ke dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang disisipi nilai konservasi diharapkan dapat membentuk karakter siswa ke arah yang lebih baik. Pendidikan karakter di era global saat ini menjadi sangat penting karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan bangsa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan karakter dan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model quantum learning bermuatan konservasi. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model quantum learning bermuatan konservasi dapat mengembangkan karakter khususnya rasa ingin tahu, jujur, disiplin, dan komunikatif. Selain itu, hasil belajar siswa pada materi teori kinetik gas mengalami peningkatan dengan gain pada kategori sedang.

Published
2017-03-29
Section
Articles