LKS BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKS berbasis multiple intelligences dalam pembelajaran IPA fisika di Sekolah Menengah Pertama (SMP), menguji tingkat kelayakan dan keterbacaannya, mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa SMP setelah menggunakan LKS. Dalam penelitian digunakan metode Research & Development. Penelitian dilakukan dengan desain uji coba One Group Pre-test and Post-test dan dengan subyek penelitian siswa kelas VIIIG SMP Negeri 2 Ambarawa tahun ajaran 2015/2016. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa LKS berbasis multiple intelligences yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat layak†digunakan sebagai pedoman belajar siswa. Hasil uji keterbacaan menunjukkan LKS yang dikembangkan dalam kategori “mudah dipahami†oleh siswa. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar dalam kategori “sedangâ€. Berdasarkan hasil angket dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap penggunaan LKS berbasis multiple intelligences dalam pembelajaran.