PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MINDSCAPING UNTUK REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA SMA MATERI TEORI KINETIK GAS

  • Rini Yunawati Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Nathan Hindarto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Sulhadi Sulhadi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan mindscaping dilakukan untuk remediasi miskonsepsi serta peningkatan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa. Penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan mindscaping dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bangsri menggunakan Metode Pre-Experimental Designs dengan one-group pretest-postest design yang diterapkan di kelas XI IPA 1. Analisis data menunjukkan kelas eksperimen dengan model pembelajaran kontekstual berbantuan mindscaping telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dengan persentase sebesarĀ  55,5%. Peningkatan prestasi belajar siswa diketahui dari uji gain dengan kategori sedang (<g>= 0,59). Dari analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual berbantuan mindscaping efektif dalam meremediasi miskonsepsi siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajarĀ  dan pemahaman konsep siswa.

Published
2017-07-25
Section
Articles