PENERAPAN PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS SISWA KELAS VII SMP

  • Gilang Shinta Nurani Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • sukiswo Supeni Edie Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Siti Khanafiyah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: concept maps, learning outcomes, enchancement

Abstract

Abstrak

___________________________________________________________________

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Gumelar, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dengan menerapkan peta konsep dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar setelah menerapkan peta konsep dalam kegiatan pembelajaran dan mendeskripsikan bagaimana penerapan peta konsep dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berhasil dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil belajar kognitif diperoleh dari tes evaluasi tiap siklus, sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan peta konsep dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa, baik kognitif, afektif maupun psikomotorik.

 

 

 

 

 

 

Abstract

___________________________________________________________________

Based on the observations in SMP Negeri 1 Gumelar, indicating that the student learning outcomes is low. To solve these problems, need a learning strategies to improve student learning outcomes, which is by applying the learning  concept maps. The purpose of this study was to determine whether there was a learning outcomes enchancement after applying concept maps in learning activities and describe how the application of concept maps in teaching so as to improve student learning outcomes. This research is a class action has been carried out in three cycles. The results obtained from the study of cognitive evaluation tests each cycle, whereas affective and psychomotor learning outcomes derived from the observation sheet. The results showed that the application of concept maps in teaching can improve student learning outcomes, whether cognitive, affective and psychomotor.

References

Adiarta, A. & Ni ketut R. 2004. Implementasi Strategi Siklus Belajar Hipotesis-Deduktif Dengan Peta Konsep Dalam Pengubahan Konseptual Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, No. 3 TH. XXXVII.

Anni, C. T. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.

Arikunto, S. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Chiou, C. 2008. The Effect of Concept Mapping on Students Learning Achievements and Interests. Journal of Innovations in Education and Teaching International, 45(4) : 375-387.

Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Imaduddin, M.C & Unggul H. N. U. 2012. Efektifitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, Vol. IX No.1.

Kurniawati, Dhida Dwi. 2010. Pengaruh Metode Mind Mapping dan Keaktifan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi: FKIP UMS.

Maanah, Yuli. 2010. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Peta Konsep untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Cahaya. Skripsi: FMIPA UNNES.

Novak, J. D., & Gowin, D. B. (1984). Learning how to learn. New York: Cambridge Press.

Sardiman. 2006. Cara Belajar Siswa Aktif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, N. F. & Nasikh. 2009. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Teknik Peta Konsep dalam Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X6 SMAN 2 Malang Semester genap Tahun Ajaran 2006-2007. JPE-Volume 2, Nomor 1.

Vanides, J., Yin, Y., Tomita, M., & Ruiz-Primo, M.A 2005. Using Concept maps in the Science Classroom. Journal of Research in Science Teaching, 42(2) : 166-184.

Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: Unnes Press.

Yulianto & Rusmiyati. 2009. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dengan Menerapkan Model Problem Based-Instruction.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5: 75-78.

Section
Articles