PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIIIA MTs NU UNGARAN
Abstract
Abstrak
___________________________________________________________________
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA MTs NU Ungaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan motivasi belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Prestasi belajar siswa pada penelitian ini mengalami peningkatan dengan kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA MTs NU Ungaran secara signifikan.
Abstract
___________________________________________________________________
The purpose of this research is to improve learning motivation and student achievement VIIIA grade MTs NU Ungaran. The research method used was action research conducted in two cycles. The result of this study showed an increase in motivation to learn from cycle 1 to cycle 2. Student achievement in the study had an increase in the medium category. Conclusion from this research is the type of Jigsaw II cooperative learning can improve student motivation and student achievement VIIIA grade MTs NU Ungaran significantly.
References
Anni, C.T. & A. Rifai. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyasa, H.E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.
Sahin, A. 2010. Effect of Jigsaw II Technique On Academic Achievement And Attitudes To Written Expression Course. Educational Research and Reviews Academic Journal, 5: 777-787.
Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Siregar, E. & H. Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Siregar, S. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw II Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Mesin. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 4: 6.
Soemanto, W. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rinneka Cipta.
Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.
Uno, H.B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.