IMPLEMENTASI BERMAIN SAMBIL BELAJAR SAINS UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT DAN KARAKTER SISWA TAMAN KANAK-KANAK (TK) KARTINI 1 MUSUK BOYOLALI

  • Rina Dewi Hapsari Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Dwi Yulianti Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
  • Hadi Susanto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: Playing, Learning, Science, Interests, Character.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan karakter anak melalui penerapan model bermain sambil belajar sains. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di TK Kartini 1 Musuk Kabupaten Boyolali. Subyek penelitian adalah siswa kelompok B tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 20 orang. Data perkembangan minat diperoleh dari angket. Hasil perkembangan karakter anak diperoleh dari observasi. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari evaluasi tiap akhir siklus menggunakan lembar bermain siswa (LBS). Hasil belajar psikomotorik diperoleh dari pengamatan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Data peningkatan hasil belajar kognitif, psikomotorik dan karakter anak dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan penerapan bermain sambil belajar pada pembelajaran sains dapat mengembangkan minat dan karakter anak.

This study aims to develop a child's interest and character through the implementation of the model to play while learning science. Classroom Action Research was conducted in kindergarten Kartini 1 Musuk Boyolali. Subjects were students in subjects of group B 2012/2013 the number of students 20. Data obtained from the questionnaire development interests. The results obtained from the child's development of character observation. Cognitive learning outcomes data obtained from the evaluation of the end of each cycle uses a playing students (LBS). Psychomotor learning outcomes derived from observations for teaching and learning take place. Data improved learning outcomes of cognitive, psychomotor and character of children were analyzed using t-test. The results demonstrate the applicability of play while learning the science of learning to develop their interests and character of children.

References

Aynur , P. 2001. The Need For Character Education. International Journal of Scocial Science and Humanity Studies,3(2): 24-34. Tersedia dihttp:// www.sobiad.org/eJOURNALS/journal_IJSS/...2/aynur_pala.pdf [diakses 20-10-2012]

Azwar, S. 2011. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Jakarta : Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-Kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Depdiknas

Dimyati, M. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Dwi, P. 2011. Menciptakan SCIENTIST Cilik Melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Vol.1: 2. Tersedia di http:// e-jurnal.ikippgrismg.ac.id. [diakses 15-10-2012]

Hildayanti. 2008. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

James J Watters, Carmel M Diezmann, Susan J Grieshaber & Julie M Davis. 2001. Enhancing science education for young children: A contemporary initiativ. Australian Journal of Early Childhood 26(2):pp. 1-7. Tersedia di http:// eprints.qut.edu.au/. [diakses 12-9-2012]

Kemendiknas. 2010. Panduan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

Montolalu. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Puspita, Fardhan. 2011. Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. JPNF 8. Tersedia di http:// www.bppnfi-reg4.net/.../pendidikan-karakter-paud [diakses 5-10-2012]

Semiawan, Conny R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini (Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar). Jakarta: Prehallindo.

Soemantri, Padmonodewo. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Uswatun, K. 2011. Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika pada Materi Hitung Melalui Metode Bermain Kelas 1 SD Negeri Wates Wonoboyo Temanggung. Sekripsi. Yogyakarta: IAIN Walisongo.

Yulianti, D. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Indeks.

Yulianti,D. Sri S. Dewanti H, Wiyanto. 2011. Model Pembelajaran Sains di Taman Kanak-Kanak dengan Bermain Sambil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 17(6): 425-503.

Section
Articles