IMPLEMENTASI EKSPERIMEN OPEN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER MAHASISWA

  • Tika Resti Pratiwi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang (UNNES), Semarang, Indonesia, 50229
  • - Sarwi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang (UNNES), Semarang, Indonesia, 50229
  • Sunyoto Eko Nugroho Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang (UNNES), Semarang, Indonesia, 50229
Keywords: open inquiry, character value, wave consept.

Abstract

Abstrak ___________________________________________________________________ Degradasi karakter bangsa menuntut pemerintah menanamkan kembali pendidikan karakter dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan eksperimen open inquiry dalam mengembangkan nilai karakter mahasiswa dan mengetahui keefektifan meningkatkan pemahaman konsep gelombang, serta mengetahui koefisien korelasi antara keduanya. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan jenis desain one group pretest and posttest design. Berdasarkan hasil uji gain didapatkan perkembangan nilai karakter mahasiswa sebesar 0,41 dengan kategori sedang dan peningkatan pemahaman konsep gelombang sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa eksperimen open inquiry efektif untuk mengembangkan nilai karakter mahasiswa dan meningkatkan pemahaman konsep gelombang walaupun korelasi keduanya tidak signifikan. Abstract ___________________________________________________________________ Degradation of nation’s character demands the government to return character education in the learning process. The objective of this research to describe the open inquiry experiment to develop the student’s character value, to know the effectiveness to improve the understanding of wave concept and the coefficient of correlation between both. The method was one group pretest and posttest design experiment research. Based on the result of gain test, it was obtained that there was development of student’s character value of 0.41 with medium category and improvement of the understanding of wave concept of 0.71 with high category. Based on the data analysis, it is found that open inquiry experiment is effective to develop the student’s character value and to improve the understanding of wave concept although correlation between them wasn’t significant.

References

Aqib, Z. & Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Media.

Benninga, J.S, M.W. Berkowitz, P. Kuehn & K. Smith. 2003. The Relationship of Character Education Implementation and Academic Achievement In Elementary Schools. Journal of Research In Character Education, 1(1): 1932. Tersedia di http://[diakses 21-12-2012]

Colburn, A. 2000. An inquiry primer. Science Scope, 23 (6): 42-44.

Ikhwanuddin. 2012. Implementasi Pendidikan Karakter Kerja Keras dan Kerja Sama dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, (2): 153-163.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kemendiknas. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan). Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

National Research Council. 2000. Inquiry and the National Science education Standards. A Guide for Teaching and Learning. Washington, DC: National Academy Press.

RifaI, A. & C.T. Anni,. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sarwi & S. Khanafiyah. 2010. Pengembangan Keterampilan KerjaIlmiah Mahasiswa Calon Guru Fisika Melalui Eksperimen Gelombang Open-Inquiry .Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1): 115-122

Syukri. 2009. Peran Pendidikan di Perguruan Tinggi Terhadap Perubahan Perilaku Kaum Intelektual (Sosial-Individu). Jurnal Ilmiah Kreatif, 6(1): 115-120.

Trowbridge, L. W.&R. W. Bybee. 1990. Becoming a Secondary School Science Teacher. Melbourne: Merril Publishing Company. Turner, J & A. Parisi. 2008. A Take-Home Physics Experiment Kit for On-Campus an off-Campus Students. Journal of Teaching Science, 54(2): 1-2

Wenning, C. J. 2005. Level of Inquiry: Hierarchies of Pendagogical practices and inquiry processes. Journal of Physics Teacher Education Online. 2(3): 3-11. Tersedia di http://phy.ilstu.edu/jpteo/ [diakses 26-12-2012].

Yulianti, D. & Wiyanto. 2009. Perancangan Pembelajaran Inovatif Prodi Pendidikan Fisika. Semarang: LP2M.

Zion, M & I. Sadeh. 2007. Curiosity and open inquiry. JBE, 41(4): 162-168.

Section
Articles