PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBANTUAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ILMIAH SISWA

  • Annisa Awalsyah Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Sarwi Sarwi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Sutikno Sutikno Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Semua mata pelajaran di SMA melaksanakan pembelajaran berbasis saintifik yang berdasarkan kurikulum 2013. Data di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan ilmiah siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan berupa lembar kerja siswa (LKS) berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada materi getaran harmonis. Tujuan penelitian ini adalah menentukan kevalidan dan keefektifan lembar kerja siswa (LKS). Metode Development Research oleh Tessmer digunakan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa metode tes, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa validitas lembar kerja siswa (LKS) sebesar 87% dengan kriteria sangat valid. Efektivitas lembar kerja siswa (LKS) dilihat dari nilai N-gain keterampilan ilmiah siswa sebesar 0.30 dengan kriteria sedang, nilai N-gain hasil belajar kognitif siswa sebesar 0.44 dengan kriteria sedang, dan respon siswa sebesar 84% dengan kriteria sangat baik.

 

All subjects of high senior school who use science based on the 2013 curriculum. Field data shows that the saintific skills possessed by students are still relatively low. This research focuses on developing student worksheets with the help of Kvisoft Flipbook Maker about harmonic motion lesson. The purpose of this study is to determine the validity and effectiveness of student worksheets. Tessmer Development Research was then chosen as this research method. Data collection techniques used in this research; test methods, observation, and questionnaires. Based on the results of the analysis concluded that the validity of student worksheets was in 87% with very valid criteria. The effectiveness of students worksheets seen from the score of student’s N-gain saintific skill was in 0.30 with moderate criteria, the N-gain score of student’s cognitive learning outcomes was 0.44 with the medium criteria, and the student’s response was 84% with very good criteria.

Published
2018-12-13
Section
Articles