Pengembangan Media Pembelajaran BARy (Board’s Augmented Reality) pada Pokok Bahasan Elektrostatika

  • Agus Priyono Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Wahyu Hardyanto Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
  • Isa Akhlis Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Proses pembuktian dan pemahaman suatu teori membutuhkan suatu gambaran yang jelas mengenai kasus yang dikaji. Untuk membantu proses tersebut, diperlukan penggunaan media pembelajaran dalam bentuk animasi ataupun alat peraga seperti komputer, proyektor, smartphone, ataupun web dalam pembelajaran sesuai dengan materi dan perkembangan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran BARy (Board’s Augmented Reality) pada pokok bahasan elektrostatika sebagai tambahan atau pelengkap pembelajaran materi elektrostatika, menguji validitas dan keefektifannya. Penelitian ini mengikuti model 4D ( Four-D Models ) yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develope (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan media meliputi aspek desain pembelajaran, aspek pengembangan perangkat lunak, dan aspek komunikasi visual. Nilai pengujian akan ditentukan oleh para pengguna aplikasi ini yaitu mahasiswa jurusan fisika angkatan 2014. Media pembelajaran BARy (Board’s Augmented Reality) pada pokok bahasan elektrostatika memiliki filtur seperti tampilan augmented reality, terdapat buku panduan, video penggunaan serta dapat menampilkan pemodelan, simulai dan interaksi pada muatan listik. Hasil validasi yang mencangkup aspek rekayasa perangkat lunak, aspek substansi materi, dan aspek desain komunikasi menghasilkan nilai 4,60 (92%), 4,57 (91%), dan 4.17 (83%). Secara keseluruhan menghasilkan nilai rata – rata 4,45 atau 89% yang menunjukkan bahwa aplikasi BARy ini layak digunakan. Sedangkan hasil dari pengujian aplikasi dengan mahasiswa menghasilkan nilai 3,92 atau 78% yang menunjukkan aplikasi BARy ini termasuk baik atau layak untuk digunakan.

 

The process of proof and understanding of a theory requires a clear picture of the case of study. To help the process, it is necessary to use learning media in the form of animation or teaching aids such as computers, projectors, smartphones, or the web in learning in accordance with the material and technological developments. The purpose of this study is to develop BARY (Board's Augmented Reality) learning media on the subject of electrostatics in addition to or complementary electrostatic material learning, testing its validity and effectiveness. This study follows the 4D (Four-D Models) model, which is define (define), design (design), develope (development), and disseminate (spread). Validation is carried out by material experts and media including aspects of learning design, aspects of software development, and aspects of visual communication. The value of the test will be determined by the users of this application, namely students of the 2014 physics department. BARy's learning media (Board's Augmented Reality) on the subject of electrostatics has a filtur such as augmented reality display, a guidebook, video usage and can display modeling, simulations and interactions on electric charge. Validation results that included aspects of software engineering, material substance aspects, and communication design aspects resulted in values ​​of 4.60 (92%), 4.57 (91%), and 4.17 (83%). Overall it produces an average value of 4.45 or 89% which indicates that the BARy application is worthy of use. While the results of testing applications with students produce a value of 3.92 or 78% which indicates that the BARy application is good or feasible to use.

 

Published
2018-12-13
Section
Articles